5 Cara mudah agar daya baterai iPhone kamu tetap optimal seharian tanpa sering mengisi daya

5 Cara mudah agar daya baterai iPhone kamu tetap optimal seharian tanpa sering mengisi daya

Techno.id - Perangkat seperti iPhone sangat bagus untuk streaming musik digital, film, dan video musik. Tetapi penggunaan layanan media ini secara terus-menerus dapat menyebabkan iPhone kehabisan daya baterai.

Sebab, baterai memiliki masa pakai yang terbatas. Karena itu menggunakannya semaksimal mungkin antara waktu pengisian daya sangat penting. Salah satu cara untuk menghemat daya baterai adalah mematikan layanan dan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Berikut ini beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan daya baterai iPhone sehingga kamu tidak perlu terlalu sering mengisi ulang baterai.

1. Cermati aplikasi yang menguras baterai

5 Cara mudah agar daya baterai iPhone kamu tetap optimal seharian tanpa sering mengisi daya foto: unsplash/tom bradley

Pada iPhone yang menjalankan iOS 8 atau lebih tinggi, ada opsi penggunaan baterai di menu pengaturan yang mencantumkan daftar aplikasi (berdasarkan persentase) yang paling banyak menggunakan daya baterai.

Aplikasi streaming, khususnya, dapat menguras baterai dengan cepat, jadi tutuplah aplikasi-aplikasi tersebut jika kamu tidak sedang mendengarkan musik. Untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya baterai begini caranya.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Baterai.

3. Ketuk 24 Jam Terakhir atau 10 Hari Terakhir untuk melihat waktu penggunaan dan aktivitas.

Aplikasi ditempatkan secara berurutan, di mana aplikasi yang paling banyak menggunakan daya baterai dicantumkan terlebih dahulu. Lihat aplikasi mana yang jarang kamu gunakan. Selain itu perhatikan aplikasi yang ditandai sebagai aktivitas latar belakang.

2. Batasi penyegaran aplikasi latar belakang

5 Cara mudah agar daya baterai iPhone kamu tetap optimal seharian tanpa sering mengisi daya foto: unsplash/luis cortes

Fitur penyegaran aplikasi latar belakang membuat aplikasi tetap diperbarui setiap saat, sehingga aplikasi siap digunakan saat kamu membutuhkannya. Matikan penyegaran latar belakang untuk sebagian besar aplikasi atau batasi fitur tersebut hanya pada koneksi Wi-Fi untuk menghemat daya baterai.

1. Buka Pengaturan, lalu pilih Penyegaran Aplikasi Latar Belakang.

2. Untuk membiarkan fitur ini tetap menyala menyegarkan melalui koneksi Wi-Fi dan selular, batalkan pilihan aplikasi yang tidak memerlukan penyegaran latar belakang.

3. Untuk membatasi kapan aplikasi dapat melakukan penyegaran di latar belakang, ketuk Aktif di samping Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Lalu, ketuk untuk memberi tanda centang di samping Mati atau Wi-Fi, yang keduanya tidak memengaruhi penggunaan baterai.

3. Menurunkan kecerahan layar

5 Cara mudah agar daya baterai iPhone kamu tetap optimal seharian tanpa sering mengisi daya foto: unsplash/lucas hoang

Kecerahan layar sangat menguras daya. Mengurangi kecerahan layar adalah cara cepat untuk menghemat masa pakai baterai.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Tampilan & Kecerahan.

3. Gerakkan penggeser ke kiri untuk meredupkan layar dan menghemat daya baterai.

4. Menonaktifkan Bluetooth

5 Cara mudah agar daya baterai iPhone kamu tetap optimal seharian tanpa sering mengisi daya foto: unsplash/sten ritterfeld

Jika kamu tidak sedang melakukan streaming musik ke satu set speaker Bluetooth, sebaiknya nonaktifkan layanan ini. Bluetooth yang aktif padahal kamu tidak sedang menggunakan perangkat nirkabel akan menguras baterai. Cara menonaktifkan Bluetooth adalah dengan membuka Pengaturan > Bluetooth, matikan sakelar pengalih Bluetooth.

5. Menonaktifkan Wi-Fi

5 Cara mudah agar daya baterai iPhone kamu tetap optimal seharian tanpa sering mengisi daya foto: unsplash+

Ketika mendengarkan musik yang disimpan secara lokal, tidak memerlukan Wi-Fi kecuali jika kamu ingin melakukan streaming ke speaker nirkabel. Jika kamu tidak memerlukan internet (melalui router, misalnya), nonaktifkan sementara Wi-Fi karena sangat menguras baterai. Caranya dengan membuka aplikasi Pengaturan > ketuk Wi-Fi, matikan sakelar pengalih Wi-Fi.

(brl/red)