Cara simpel menambah kapasitas RAM smartphone Android, tanpa root dan aplikasi tambahan

Cara simpel menambah kapasitas RAM smartphone Android, tanpa root dan aplikasi tambahan

Techno.id - Random Access Memory atau lebih dikenal dengan RAM, difungsikan sebagai memori sementara untuk menyimpan data dan program yang sedang aktif. Artinya smartphone bisa membuka dan menjalankan aplikasi dengan cepat dan lancar tanpa lag atau keterlambatan. RAM juga membantu smartphone untuk mengelola multitasking dengan memungkinkan beberapa aplikasi berjalan bersamaan tanpa menurunkan kinerja secara signifikan.

Lebih lanjut, kapasitas dari sebuah RAM dalam sebuah smartphone mempengaruhi kinerja dan kemampuan multitasking yang bisa dilakukan. Semakin besar kapasitas ruang dari RAM, maka akan smartphone akan bekerja lebih kencang dan lancar tanpa adanya lag. Namun tak dapat dipungkiri, kapasitas dari RAM tentu sangatlah terbatas.

Untuk menangani masalah tersebut, para developer menyiasati untuk memberikan fitur extension RAM atau penambahan RAM. Nantinya kapasitas RAM akan bertambah dengan meminjam kapasitas ruang dari memori internal atau ROM perangkat. Hal ini bisa dilakukan dengan sistem komputasi tertentu.

Namun sebagai pengguna tidak perlu memikirkan bagaimana sistem komputasi dari extension RAM. Kamu cukup melakukan beberapa langkah simple berikut, yang dirangkum techno.id pada Senin (6/2) untuk menambah kapasitas RAM di HP Android. Yuk, simak langkah-langkahnya!


(brl/guf)