Cara sederhana mengetahui memori grafis pada VRAM di PC & laptop

Cara sederhana mengetahui memori grafis pada VRAM di PC & laptop

Techno.id - VRAM tak kalah penting fungsinya dari RAM pada perangkat mesin komputer. VRAM memiliki kepanjangan yaitu Video Random Access Memory. Ia memiliki fungsi sebagai memori untuk data-data tentang gambar dan berbagai visual lainnya yang ditampilkan oleh layar komputer.

VRAM terpasang di kartu VGA. Selain seperti yang disebutkan di atas, fungsi lain dari VRAM adalah untuk melakukan kerja rendering grafis yang kompleks. Dibanding RAM, VRAM memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi sehingga dimungkinkannya transfer data yang lebih cepat antara kartu grafis dan CPU.

Oleh karena itu kehadirannya memegang peran yang penting terutama berkenaan urusan visual. Apalagi jika pengguna menjalankan game. Mengetahui memori grafis dari VRAM membantu pengguna dalam mengurangi stuttering dan lag.

Selain itu, dengan mengetahui seperti apakah memori VRAM memadai atau tidak, resolusi gambar juga bisa meningkat tanpa mengurangi performa.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahuinya? techno.id telah merangkum dari digitaltrends pada Selasa (30/5), berikut cara mengetahui memori grafis pada VRAM di PC dan laptop.


(brl/guf)