5 Akibat fatal jika kamu sering melakukan force shutdown pada laptop

5 Akibat fatal jika kamu sering melakukan force shutdown pada laptop

Techno.id - Laptop atau komputer kamu sering error atau tiba-tiba-ngelag? Nah biasanya orang mengambil jalan pintas dengan mematikannya secara paksa (force shutdown).

Bagi sebagian orang cara ini dianggap efektif untuk mengatasi laptop atau komputer yang lemot. Tapi sebagian lagi beranggapan cara tersebut justru berbahaya karena bisa berdampak buruk pada perangkat keras (hardware) laptop atau komputer.

Nah daripada debat kusir sebaiknya simak dulu penjelasan, apakah berbahaya melakukan force shutdown pada laptop atau komputer? Sebelumnya, pahami terlebih dahulu apa itu force shutdown? Ini adalah tindakan memaksa komputer atau laptop mati tanpa melalui proses shutdown normal. Artinya, pengguna langsung menekan tombol power atau mencabut sumber listrik seperti kabel atau baterai laptop.

Berdasarkan penjelasan di Reader's Digest yang ditulis Damien Mason, pakar teknologi di Pro Privacy, tidak masalah jika pengguna melakukan hal tersebut karena terpaksa. Menurutnya, catu daya pada komputer atau laptop saat ini lebih canggih dan memiliki teknologi mengatasi pemadaman listrik secara tiba-tiba.

Jadi jika kamu melakukannya sesekali, tidak akan membahayakan perangkat. Mason menambahkan bahwa metode ini juga dapat berguna dalam situasi tertentu. Salah satunya adalah cara mengatasi kegagalan komputer menjadi protokol keamanan untuk melawan hacker.

Namun Mason menyarankan untuk membiasakan mematikan sistem menggunakan langkah-langkah yang benar yaitu menggunakan fitur Shut Down. Karena yang terbaik adalah mematikan laptop menggunakan prosedur normal.

Tujuannya agar laptop berjalan lancar. Nah jika kamu sering melakukan force shutdown, sebenarnya cukup berbahaya bagi laptop. Berikut implikasinya jika kamu sering melakukan force shutdown.

Magang : Zadun Naja

(brl/red)