5 Cara mudah atasi microSD tidak terbaca, bisa via HP maupun laptop

5 Cara mudah atasi microSD tidak terbaca, bisa via HP maupun laptop

Techno.id - Kartu microSD adalah salah satu perangkat penyimpanan eksternal yang popular digunakan dalam berbagai perangkat elektronik seperti ponsel pintar, kamera digital, tablet, dan banyak lagi. Dengan ukuran yang kecil dan kemampuan penyimpanan yang besar, kartu microSD telah menjadi solusi ideal untuk memperluas kapasitas penyimpanan perangkat yang digunakan.

MicroSD menjadi alat alternatif kala perangkat membutuhkan penyimpanan lebih luas. Apalagi perangkat gadget seperti smartphone memiliki kapasitas ROM terbatas. Oleh karena itu, pengguna perlu menggunakan microSD agar perangkat tetap berjalan lancar, karena kapasitas ROM semakin lega.

Kendati demikian, kadang kala pengguna mengalami masalah dengan kartu microSD yang tidak dapat terbaca. Ada banyak faktor yang memengaruhi mengapa kartu microSD tak bisa digunakan.

Mulai dari kartu yang rusak atau kotor, kesalahan format, kehilangan driver, kompatibilitas, hingga masalah pada software. Bagi sobat yang mengalami masalah kartu SD tidak bisa terbaca, ternyata ada cara mengatasinya, lho.

Dengan begitu kamu tidak perlu panik, hingga malah beli kartu microSD lagi. Berikut techno.id sajikan 5 cara mudah atasi microSD tidak bisa terbaca yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Bersihkan port

5 Cara mudah atasi microSD tidak terbaca, bisa via HP maupun laptop foto: pixabay.com

Periksa apakah port pada kartu microSD dan slot kartu pada perangkat sobat bersih. Gunakan kain lembut atau kapas untuk membersihkan port secara hati-hati. Pastikan tidak ada debu, kotoran, atau korosi yang menghalangi port, baik antara kartu dan perangkat.

2. Gunakan adapter USB atau card reader

5 Cara mudah atasi microSD tidak terbaca, bisa via HP maupun laptop foto: pexels.com

Jika perangkat kamu memiliki masalah membaca kartu microSD secara langsung, coba gunakan adapter USB atau card reader untuk membaca kartu tersebut. Sambungkan kartu microSD ke adapter atau card reader, lalu hubungkan ke komputer atau perangkat lain untuk melihat apakah kartu terbaca di sana.

Jika kartu terbaca di perangkat lain, masalah mungkin terletak pada slot kartu pada perangkat yang digunakan.

(brl/red)