Cara sederhana melihat titik koordinat di Google Maps via aplikasi dan browser

Cara sederhana melihat titik koordinat di Google Maps via aplikasi dan browser

Techno.id - Titik koordinat sendiri adalah sebuah koordinat geografis yang menandailokasi tertentu pada permukaan bumi. Pembentuk titik koordinat terdiri dari garis lintang dan garis bujur. Keduanya digunakan sebagai rujukan dalam sistem koordinat geografis global.

Lintang menunjukkan koordinat vertikal yang mengukur jarak dari garis khatulistiwa. Dengan nilai positifnya untuk belahan utara dan nilai negatifnya untuk belahan selatan. Sementara bujur menunjukkan koordinat horizontal yang mengukur jarak dari Garis Buju Primer dengan nilai positifnya untuk timur dan nilai negatifnya untuk barat.

Titik koordinat dapat ditelusuri menggunakan Google Maps. Bahkan ia bisa di cari dalam kolom pencarian Google Maps atau menandai titik koordinat pada peta untuk mendapatkan informasi spesifik.

Titik ini menjadi penting dalam menentukan sebuah lokasi. Pengguna bisa memberikan petunjuk keberadaannya dengan cara yang geografis kepada orang lain.

Untuk kebutuhan survei lapangan dalam rangka pemetaan dan penelitian, pencarian titik koordinat sangat diperlukan. Serta masih banyak lagi urgensi titik koordinat untuk bisa ditelusuri.

Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Berikut techno.id merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (18/5) cara sederhana melihat koordinat di Google Maps via aplikasi dan browser.

(brl/guf)