Deteksi tulisan hasil AI dengan akurasi 99%, begini cara menggunakan GPTZero untuk cegah kecurangan

Deteksi tulisan hasil AI dengan akurasi 99%, begini cara menggunakan GPTZero untuk cegah kecurangan

Techno.id - Pengaruh besar AI kini sedang terjadi di dunia teknologi. Teknologi AI dirasakan langsung oleh banyak pengguna komputer dalam memudahkan menyelesaikan berbagai soal dan pekerjaan.

Namun bagai pisau bermata dua, di sisi lain AI datang membawa dampak buruk. Hal ini bisa dilihat dari fenomena popularitas ChatGPT. Hanya dalam waktu beberapa detik saja, chatbot berbasis AI itu sanggup memberikan informasi dengan detail. Namun dibalik kecanggihan ChatGPT, muncul teknologi yang bisa mendeteksi tulisan yang dikerjakan oleh AI. Teknologi ini bisa digunakan untuk meminimalisir penggunaan ChatGPT untuk tulisan di bidang akademis dan pekerjaan.

Dilansir techno.id dari FarTech pada Rabu (17/5), kini hadir sebuah aplikasi yang juga berbasis AI bernama GPTZero yang berfungsi mengidentifikasi tulisan hasil ChatGPT. Selain itu, GPTZero juga bekerja dengan mendeteksi sebuah teks untuk menemukan indikasi plagiarisme.

GPTZero diciptakan oleh seorang mahasiswa asal Princeton University bernama Edward Tian. Ia mengklaim jika hasil kerja aplikasinya dapat bekerja dengan keakuratan hingga 99& untuk mengidentifikasi teks yang ditulis manusia dan 85% untuk teks yang ditulis AI.

Deteksi tulisan hasil AI dengan akurasi 99%, begini cara menggunakan GPTZero untuk cegah kecurangan

foto: YouTube.com/Yahoo Finance

Edward Tian diketahui mempelajari ilmu komputer dan jurnalistik. Tujuannya adalah untuk mencari tindakan pencegahan penyalahgunaan ChatGPT di ruang kelas dan ruang redaksi berita.

GPTZero jauh lebih fokus teks yang dibuat dalam bahasa Inggris dan dilatih menggunakan kumpulan teks alami yang tersusun sistematis.
Untuk mengetahui hasil deteksinya, GPTZero akan menampilkan skor pada teks yang dimasukkan untuk menunjukan seberapa besar peran AI dalam tulisan tersebut.

GPTZero akan mengenali tulisan yang dicampur antara tulisan manusia dan AI. Kondisi tersebut juga akan diterangkan oleh GPTZero. Detail pada tiap teks akan disorot mana buatan AI dan buatan manusia.

Untuk menggunakan GPTZero, pengguna bisa mengetik dan mencari nama aplikasi tersebut di Google Chrome. Klik pada situs dari GPTZero yang ditampilkan. Nanti pengguna akan melihat opsi yang terdiri dari ChatGPT, GPT3, GPT4m dan Bard. Setelah memilih satu diantara teknologi AI tersebut, masukkan tulisan dan klik Get results. Hasilnya akan ditampilkan pada layar.


(brl/guf)