Cara mudah cek iPhone bekas, jangan sampai tertipu dengan harga

Cara mudah cek iPhone bekas, jangan sampai tertipu dengan harga

Cara cek iPhone bekas

1. Cek fisik.

Cara mudah cek iPhone bekas, jangan sampai tertipu dengan harga

foto: Pexels.com

Hal pertama paling utama yang perlu diperhatikan adalah kondisi casing iPhone. Silakan lihat dengan teliti apakah casing atau body ponsel ada bekas jatuh atau tidak. Pastikan warna dari casing juga masih bagus, dan tidak ada goresan.

2. Cek IMEI bea cukai

Apabila sobat ingin membeli iPhone ex internasional, silakan cek keabsahan IMEI iPhone. Kamu bisa melihat keaslian IMEI melalui laman bea cukai. Jika iPhone merupakan keluaran dari toko resmi Indonesia, maka pastikan kode yang tersemat dari ponsel sudah benar.

3. Cek WiFi dan cellular data.

Kemudian hal selanjutnya yang perlu dicek adalah koneksi jaringan internet. Pastikan jika iPhone ingin dibeli dapat terkoneksi dengan jaringan internet, baik itu melalui seluler data maupun WiFi. Pastikan jika kartu selular kamu bisa terbaca dengan baik oleh device.

4. Cek Mic kamera depan dan belakang.

Cara mudah cek iPhone bekas, jangan sampai tertipu dengan harga

foto: Pexels.com

Kondisi tak kalah penting untuk dicek adalah microphone dari kamera. Silakan cek fungsi dari mic kamera, baik depan maupun belakang. Lakukan perekaman video dan silakan lakukan tes dengan mendekatkan mulut ke bagian kamera depan maupun belakang. Pastikan jika microphone bisa berfungsi dengan baik dan dapat membaca suara yang dihasilkan.

5. Cek fitur Face ID.

Face ID menjadi fitur keamanan penting di iPhone. Jika FaceID tak bisa digunakan, maka sobat akan rugi. Karena banyak sistem keamanan membutuhkan FaceID. Silakan untuk mencoba fitur Face ID iPhone secara langsung sebelum membeli.

6. Cek true tone.

True Tone pada iPhone adalah fitur yang memungkinkan layar untuk menyesuaikan suhu warna dan kecerahan dengan cahaya sekitar. Fitur ini menggunakan sensor cahaya di dekat speaker untuk mengukur suhu warna lingkungan dan menyesuaikan tampilan layar sehingga lebih mudah dilihat dalam kondisi cahaya yang berbeda. Fitur ini bisa kamu cek sebelum membeli iPhone bekas, agar melihat apakah sensor masih berfungsi ataukah tidak.

7. Cek ghost test.

Cara mudah cek iPhone bekas, jangan sampai tertipu dengan harga

foto: Pexels.com

Ghost test yang dimaksud adalah mengecek fungsi dari layar, apakah masih berfungsi dengan baik ataukah tidak. Silakan aktifkan Assistive Touch dan geser-geser ikon ke semua bagian layar. Jika ikon tombol tidak bergerak di titik tertentu, sebaiknya jangan dibeli terlebih dahulu.

8. Cek dead pixel.

Masih di bagian layar, silakan kamu cek apakah ada dead pixel dari layar ataukah tidak. Gunakan layar berwarna hitam dengan memfoto objek gelap sehingga hasil foto berwarna hitam. Cek apakah ada titik putih ataukah tidak. Titik putih menunjukan bawah terdapat piksel yang mati di dalam layar iPhone.

9. Cek LCD.

Cara mudah cek iPhone bekas, jangan sampai tertipu dengan harga

foto: Pexels.com

Selanjut melakukan pengecekan LCD. Silakan sajikan warna layar putih terang. Kamu bisa memfoto sebuah objek dengan lampu flash secara dekat untuk melihat apakah ada kerusakan di LCD. Jika muncul titik hitam di dalam layar berwarna putih tersebut, bisa dipastikan bawah LCD sudah tidak sehat.

10. Cek microphone bawah.

Komponen penting tak kalah penting untuk dicek adalah microphone bawah atau yang utama. Silakan lakukan rekaman suara dan berbicara menggunakan mic bagian bawah. Pastikan mic bekerja dengan baik dan tidak menghasilkan suara cempreng, ya sob.

11. Cek baterai health.

Silakan cek kondisi kesehatan baterai dari iPhone. Usahakan kesehatan baterai iPhone bekas ingin dibeli di atas 85%. Berikut cara mengecek kesehatan baterai:

- Buka aplikasi "Settings" di iPhone dibeli.
- Gulir ke bawah dan ketuk "Battery".
- Pilih "Battery Health".
- Di bagian atas layar, kamu akan melihat "Maximum Capacity" yang menunjukkan berapa persen kapasitas baterai asli yang tersisa.
- Di bawah "Maximum Capacity", kamu akan melihat "Peak Performance Capability" yang menunjukkan apakah iPhone dapat menjalankan sistem performa maksimal dan menjaga daya tahan baterai.
- Jika kapasitas baterai rendah atau performa terganggu, maka akan muncul opsi untuk "Disable Performance Management" untuk memperbaiki performa.

Itulah beberapa cara untuk melihat kondisi iPhone bekas yang ingin kamu beli. Dengan beberapa pengecekan di atas, sobat bisa mengetahui kondisi device ingin dibeli secara keseluruhan. Jangan sampai salah beli, ya sob. Semoga bermanfaat!

(brl/guf)