Cara mudah cek indeks paparan sinar UV matahari via smartphone, cegah kulit gosong dan dehidrasi

Cara mudah cek indeks paparan sinar UV matahari via smartphone, cegah kulit gosong dan dehidrasi

Techno.id - Cuaca panas terbilang ekstrim tengah melanda berbagai wilayah di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga mencatat bahwa ada daerah yang mencapai suhu 37,2C. Tingkat suhu luar ruangan di atas rata-rata yang pernah terjadi di Indonesia.

Kendati demikian, BMKG juga memberikan informasi terkait penurunan suhu tinggi tersebut. Saat ini, suhu paling tinggi di beberapa wilayah Indonesia mencapai 36C saja. Lebih lanjut, BMKG memberikan informasi bahwa saat ini terdapat pola fluktuasi radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari.

Sinar UV yang mencapai permukaan bumi memiliki indeks nilai besarnya radiasi. Indeks tersebut terbagi dalam beberapa kategori: 0-2 Low, 3-5 Moderate, 6-7 High, 8-10 Very High, dan 11 ke atas tergolong k Extreme.

Nah, di Indonesia sendiri indeks radiasi UV dari matahari menunjukan angka low ketika pagi hari. Kemudian berangsur naik bersamaan dengan masuknya waktu siang. Bahkan pada pukul 12.00 sampai 15.00 tingkat radiasi UV mencapai level Very High hingga Extreme. Selanjutnya turun kembali hingga mencapai level Low setelah waktu menunjukan pukul 15:00 atau masuk pada sore hari.

Radiasi UV yang berasal dari sinar matahari akan menyebabkan berbagai macam dampak ke tubuh manusia. Mulai dari mudah lelah, kulit kering, dehidrasi, bahwa sampai mengalami heat stroke. Oleh karena itu, seseorang perlu menjaga dan selalu waspada saat beraktivitas di luar ruangan pada siang bolong.

Salah satu bentuk kewaspadaan seseorang dengan memantau tingkat radiasi UV. Berkat kecanggihan teknologi masa kini, pengguna gadget bisa memantau indeks paparan sinar ultraviolet. Apalagi saat ini sudah ada beragam aplikasi yang menyediakan layanan untuk menunjang keperluan informasi cuaca.

Dari berbagai aplikasi yang bisa diandalkan, SunSmart adalah aplikasi paling pas untuk melihat tingkat radiasi UV bakal terjadi di suatu lokasi dalam rentang waktu tertentu. Dengan aplikasi tersebut, seseorang bisa melakukan langkah pencegahan agar tetap bisa beraktivitas di luar ruangan secara maksimal.

Lantas bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut? Berikut techno.id pada Jumat (28/4), sajikan cara mudah cek indeks paparan sinar UV matahari via smartphone, yang dihimpun dari berbagai sumber.


(brl/guf)