Laptop kena virus? Ini cara mudah scan dan hapus virus pakai shortcut bawaan Windows

Laptop kena virus? Ini cara mudah scan dan hapus virus pakai shortcut bawaan Windows

Techno.id - Laptop menjadi device yang diandalkan untuk melakukan berbagai aktivitas digital. Mulai dari bekerja, belajar, sampai bermain game bisa dilakukan hanya dengan sebuah laptop. Bahkan seorang programmer hingga hacker juga menggunakan laptop untuk melancarkan aksinya.

Berbicara hacker, tentu tidak lepas dari peretasan. Ya, laptop kapan saja bisa diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab hingga merugikan baik secara materi maupun immaterial. Maka sebagai pengguna laptop perlu berhati-hati saat melakukan aktivitas digital setiap harinya.

Salah satu wujud dari kewaspadaan adalah dengan rutin melakukan scanning virus dan menghapusnya. Tak dapat dipungkiri, laptop terutama dengan basis sistem operasi Windows rentan terkena virus. Apalagi pengguna tidak berhati-hati dalam mengunduh file maupun mengarungi dunia internet.

Scanning virus bisa dilakukan dengan aplikasi pihak ketiga. Ada beragam software siap dipakai untuk memberantas virus dalam laptop. Namun, sebenarnya sistem operasi Windows juga sudah memiliki anti virus bawaan, lho sob. Bahkan kamu bisa menggunakannya hanya melalui shortcut.

Lantas bagaimana cara memakai shortcut untuk menghilangkan virus di dalam laptop? Berikut techno.id pada Jumat (28/4), sajikan cara mudah scan dan hapus virus pakai shortcut bawaan Windows.


(brl/guf)