Cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi

Cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi

Techno.id - Pengguna laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan touchpad, salah satu komponen utama laptop yang merespon sentuhan jari pengguna. Ini sangat penting, jadi keberadaannya sangat penting saat menggunakan laptop.

Beberapa orang mengganti touchpad dengan mouse, tetapi bagi yang lain sangat merepotkan, terutama pengguna laptop yang sangat mobile. Selain itu, tidak semua orang sempat mencari meja untuk mengoperasikan mouse, karena touchpad bisa langsung digunakan untuk mengoperasikan laptop yang tergeletak di pangkuan.

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, touchpad dapat mengalami berbagai masalah mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan yang membuatnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Ini cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi.

1. Driver touchpad rusak atau perlu update

Driver juga bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan touchpad karena berperan penting di setiap komponen hardware laptop. Terkadang driver bisa rusak atau kedaluwarsa, menyebabkan touchpad tidak berfungsi.

Untuk memeriksa status dan pembaruan, kamu dapat mengakses Pengelola Perangkat dengan mengklik kanan tombol Mulai Windows, lalu mengklik Pengelola Perangkat.

Lalu pilih "Mice and other pointing device"; dan klik subkategori, lalu klik kanan dan pilih Update Driver. Tunggu sekitar 5 menit hingga laptop melakukan update dan jangan matikan laptop.

Setelah update driver selesai, silahkan restart laptop kemudian periksa apakah touchpad berfungsi normal kembali. Jika kamu tidak memiliki koneksi internet, kamu dapat menggunakan CD atau DVD driver yang biasanya disertakan dengan perangkat.

Telusuri CD Driver Touchpad, instal dan ikuti petunjuknya. Setelah proses instalasi selesai, restart laptop seperti yang diinstruksikan di atas.

2. Kerusakan hardware touchpad

Kemungkinan terakhir adalah kerusakan hardware touchpad. Kerusakan ini bisa terjadi karena hardware sudah usang atau terlalu sering kepanasan.

Overheating biasanya terjadi karena kurangnya aliran udara ke dalam laptop yang menyebabkan touchpad menjadi overheat dan menjadi rusak.

Kamu dapat memperbaiki sendiri masalah ini dengan membongkar touchpad laptop dan menggantinya dengan perangkat keras baru. Namun, kami tidak merekomendasikan cara ini jika kamu tidak terbiasa dengan komponen laptop. Jika ini masalah utamanya, kamu dapat meminta bantuan orang yang lebih berpengalaman atau membawa laptop ke service center terdekat.



(brl/guf)