Cara mudah cek kondisi RAM pada laptop dan PC, bantu perbaiki performa dan cegah serangan malware

Cara mudah cek kondisi RAM pada laptop dan PC, bantu perbaiki performa dan cegah serangan malware

Techno.id - RAM merupakan penyimpanan pada komputer yang bekerja untuk menyimpan data. Nantinya tercipta alur kerja dimana RAM memungkinkan CPU untuk mengakses informasi saat menjalankan program.

Apakah kamu pernah mendengar kalau salah satu faktor penentu lambat atau cepatnya kinerja komputer dipengaruhi RAM? Ini disebabkan RAM yang akan mempengaruhi bagaimana kecepatan komputer ketika mengolah data.

Semakin besar kapasitas penyimpanan RAM yang dimiliki oleh sebuah perangkat, maka semakin banyak program yang dapat dijalankan oleh komputer. Oleh karena itu, peran RAM cukuplah krusial dalam sistem kerja perangkat.

Apabila performa RAM terawat, maka kualitas kinerja dan kestabilan komputer akan baik. Hal ini tentu berlaku sebaliknya. Tak hanya itu, dengan terus memantau kondisi RAM, kamu dapat mencegah terjadinya kehilangan data. Sebab bila RAM gagal bekerja maka data yang disimpan di dalamnya dapat hilang.

Meskipun tidak secara spesifik berkolerasi, namun menjaga RAM dapat meningkatkan keamanan komputer. Ada banyak langkah khusus yang bisa kamu lakukan sebagai upaya agar kualitas RAM terjaga. Salah satunya, setelah dilansir techno.id dari akun TikTok ELS Computer Solo pada Kamis (27/4), berikut cara untuk mengecek kondisi RAM pada Laptop dan juga PC.


(brl/guf)