Cara menyembunyikan aplikasi di tampilan smartphone Android, ini fungsinya

Cara menyembunyikan aplikasi di tampilan smartphone Android, ini fungsinya

Techno.id - Menyembunyikan aplikasi pribadi adalah cara terbaik untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke kunci layar ponsel cerdas atau autentikasi biometrik kamu. Berikut beberapa cara menyembunyikan aplikasi di perangkat Android.

Manfaat menyembunyikan aplikasi di Android

Menyembunyikan aplikasi di perangkat Android mencegahnya muncul di laci aplikasi. Terkadang, kamu harus mengakses laci aplikasi tersembunyi lainnya untuk membuka aplikasi tersembunyi.

Beberapa ponsel hanya mengizinkan kamu menyembunyikan aplikasi dan tidak menawarkan cara apa pun untuk mengaksesnya lagi, sementara yang lain juga mengizinkan kamu mengunci aplikasi tersembunyi untuk memastikannya tidak mudah diakses.

Jika perangkat Android kamu memiliki bloatware yang sudah diinstal sebelumnya yang tidak dapat dinonaktifkan, kamu dapat menyembunyikannya dari laci aplikasi untuk tampilan yang lebih bersih.

Kamu juga dapat menyembunyikan aplikasi perbankan, pengelola kata sandi, dan aplikasi lain yang berisi informasi sensitif untuk keamanan tambahan.

Beberapa ponsel Android memungkinkan kamu menyembunyikan aplikasi yang diinstal secara asli. Jika ponsel kamu tidak memiliki fitur ini, kamu dapat menggunakan peluncur pihak ketiga seperti Nova atau Microsoft Launcher. Peluncur pihak ketiga juga memungkinkan kamu mengubah ikon aplikasi untuk penyesuaian Android yang lebih baik.

Menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung

Cara menyembunyikan aplikasi di tampilan smartphone Android, ini fungsinya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Semua ponsel Samsung memungkinkan pengguna menyembunyikan aplikasi yang diinstal dari laci aplikasi. Prosesnya juga relatif mudah.

1. Tekan lama pada area kosong di layar Beranda perangkat Samsung Anda. Ketuk Pengaturan dari menu yang muncul di bagian bawah.

2. Gulir ke bawah dan pilih Sembunyikan aplikasi di layar Utama dan Aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.

3. Ketuk Selesai untuk menerapkan perubahan.

Kamu sekarang akan melihat bahwa semua aplikasi yang dipilih telah hilang dari laci aplikasi ponsel Galaxy kamu. Satu hal baik tentang penerapan Samsung adalah aplikasi tersembunyi tidak akan muncul meskipun kamu mencarinya dari laci aplikasi. Namun, akan muncul di hasil pencarian aplikasi pencarian universal dengan membuka Pengaturan > Aplikasi.

Gunakan Nova Launcher

Cara menyembunyikan aplikasi di tampilan smartphone Android, ini fungsinya foto: playgoogle.com

Jika peluncur default di perangkat Android kamu tidak menawarkan opsi untuk menyembunyikan aplikasi yang diinstal, kamu harus menggunakan peluncur pihak ketiga seperti Nova.

Setelah kamu menginstal Nova Launcher dari Google Play Store, tetapkan sebagai peluncur default di perangkat Android dan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka pengaturan Nova Launcher menggunakan gerakan menggesek ke atas dengan dua jari di layar Beranda. Atau, kamu dapat menekan lama area kosong di layar Beranda dan mengetuk Pengaturan.

2. Pilih Laci aplikasi dan gulir ke bawah.

3. Ketuk Sembunyikan aplikasi di bawah kategori Aplikasi.

4. Daftar semua aplikasi di perangkat akan muncul. Pilih aplikasi Android yang ingin kamu sembunyikan dari laci aplikasi. Kembali untuk menyimpan perubahan.

Sayangnya, metode ini memiliki batasannya sendiri. Jika kamu menggunakan aplikasi pencarian universal atau pencarian aplikasi bawaan Nova, aplikasi tersembunyi akan muncul di hasil. Kamu juga dapat menemukan daftar aplikasi tersembunyi di bawah Pengaturan > Aplikasi perangkat Android.

Jika kamu memiliki ponsel OnePlus, tidak perlu peluncur pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi. OxygenOS OnePlus menyediakan opsi asli untuk menyembunyikan aplikasi, dan kamu dapat melindungi aplikasi tersembunyi dengan kata sandi untuk keamanan tambahan.

Gunakan Microsoft Launcher

Cara menyembunyikan aplikasi di tampilan smartphone Android, ini fungsinya foto: playgoogle.com

Microsoft Launcher juga memungkinkan kamu menyembunyikan aplikasi di perangkat Android. Dibanding Nova Launcher, eksekusi Microsoft Launcher untuk menyembunyikan aplikasi yang diinstal lebih unggul, karena kamu dapat melindunginya dengan kata sandi.

1. Tekan lama pada area kosong di layar Beranda. Lalu ketuk Pengaturan Peluncur dari menu yang muncul.

2. Navigasikan ke Layar utama > Aplikasi tersembunyi.

3. Ketuk Sembunyikan aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Lalu, ketuk Selesai.

4. Sekarang, kembali ke menu aplikasi tersembunyi dan ketuk ikon Pengaturan di sudut kanan atas.

5. Aktifkan sakelar Setel kata sandi untuk melindungi aplikasi tersembunyi kamu dengan PIN empat digit.

6. Aktifkan Akses cepat di dok jika kamu ingin melihat aplikasi tersembunyi dengan cepat.

Kamu sekarang dapat menggeser ke atas dua kali di dok untuk menampilkan panel tersembunyi dengan akses ke aplikasi tersembunyi. Jika perlindungan kata sandi diaktifkan, kamu harus memasukkan PIN empat digit terlebih dahulu.

Kamu harus selalu menyembunyikan aplikasi yang berisi data penting atau sensitif di ponsel untuk mencegah siapa pun mendapatkan akses tidak sah ke sana. Meskipun tidak mudah, implementasinya masih cukup baik untuk menghentikan teman atau anggota keluarga yang usil mengaksesnya dengan mudah tanpa pengetahuan teknis yang tepat.

(brl/red)