4 Fakta kuburan Microsoft, situs pemakaman produk yang sudah disuntik mati dan akan menemui ajal

4 Fakta kuburan Microsoft, situs pemakaman produk yang sudah disuntik mati dan akan menemui ajal

Techno.id - Mendengar nama kompleks pemakaman alias kuburan mungkin membuat bulu kuduk banyak orang berdiri. Maklum, kuburan selalu identik dengan kematian sehingga menyeramkan. Namun tidak dengan tempat pemakaman yang satu ini, Kuburan Microsoft. Ini adalah kuburan virtual untuk semua produk yang disuntik mati Microsoft.

Mungkin kamu pernah mendengar tentang Kuburan Google (Google Graveyard). Ini adalah situs web yang didedikasikan untuk semua produk dan layanan yang dihentikan Google selama bertahun-tahun. Google Podcasts adalah salah satu produk terbaru di kuburan tersebut.

Kuburan Microsoft tak ubahnya Google Graveyard. Kuburan Microsoft menampilkan daftar panjang produk dan layanan Microsoft yang sudah disuntik mati setelah memiliki sejarah panjang. Namun ada juga beberapa produk Microsoft yang terdaftar berada di kaki terakhir mereka, tetapi belum mati.

Selain kuburan Microsoft, ada juga situs Killed by Microsoft, yang menawarkan informasi serupa. Berikut beberapa fakta mengenai kuburan virtual Microsoft.

4 Fakta kuburan Microsoft, situs pemakaman produk yang sudah disuntik mati dan akan menemui ajal foto: microsoftgraveyard

1. Produk diurutkan secara kronologis di Kuburan Microsoft

Produk pertama yang terdaftar adalah Microsoft Bob. Tujuan proyek ini adalah untuk menyediakan antarmuka yang lebih ramah pengguna untuk sistem operasi Microsoft, yaitu Windows 95 dan NT pada saat itu.

Bob dirancang untuk pengguna komputer pemula. Ini menampilkan karakter kartun dan ruangan yang dapat dikunjungi pengguna. Bob tidak diterima secara luas oleh pengguna dan Microsoft membatalkan proyek tersebut kurang dari satu tahun setelah dirilis pada tahun 1995.

2. Tahun-tahun pertama didominasi sistem operasi Microsoft

Daftar sistem operasi dimulai dengan Windows 1.0, yang dipertahankan Microsoft hingga tahun 2001. Sistem operasi popular, seperti MS-DOS, Windows 98, Windows XP, dan Windows 7 dapat ditemukan dalam daftar.

Jelas, ada juga versi Windows yang kurang popular dalam daftar. Ada Windows Millennium Edition dan Windows 8, misalnya, yang bukan favorit penggemar.

Sistem operasi terbaru dalam daftar adalah Windows 10, yang rencananya akan dihentikan Microsoft pada Oktober 2025 secara resmi untuk pengguna rumahan. Namun, pengguna rumahan dapat memperpanjang dukungan setidaknya selama tiga tahun melalui program Pembaruan Keamanan Diperpanjang Windows 10.

4 Fakta kuburan Microsoft, situs pemakaman produk yang sudah disuntik mati dan akan menemui ajal foto: killedbymicrosoft.info

3. Sebagian besar produk dan layanan bukanlah sistem operasi

Kuburan tersebut mencantumkan produk perangkat lunak dan perangkat keras, serta perusahaan dan studio Microsoft. MSN Music, misalnya, hanya bertahan selama 2 tahun sebelum ditutup Microsoft pada tahun 2006. Layanan itu dirancang untuk bersaing dengan layanan dan toko iTunes Apple, tetapi gagal.

Sorotan lainnya termasuk Clippy, asisten kantor yang menyebalkan, bot kecerdasan buatan Tay, yang hanya bertahan satu hari karena tweet yang menghasut, atau penerus Tay, Zo, yang bertahan selama 4 tahun.

4. Kuburan juga mencantumkan produk perangkat keras

Selain konsol Xbox asli dan Xbox 360, kuburan tersebut juga mencantumkan perangkat Windows Phone dan Lumia, Microsoft Kinect, Band, dan Microsoft Zune.

Beberapa pengembang dan studio game juga ada dalam daftar, termasuk Ensemble Studios, yang terkenal dengan game RTS-nya, Aces Game Studio, yang mengerjakan Microsoft Flight Simulator, atau Lionhead Studios, yang terkenal dengan Fable dan Black & White.

Kuburan Microsoft adalah proyek sumber terbuka yang dibuat oleh komunitas yang bersemangat dan ingin bernostalgia. Tujuan mereka adalah untuk memberikan informasi faktual dan historis terhadap produk yang tercantum di dalam makam ini. Pengguna dapat berkontribusi pada proyek ini di GitHub.

Kuburan Microsoft seperti menawarkan perjalanan menyusuri jalan kenangan mengenai beberapa produk Microsoft yang mungkin dianggap sebagai legenda di dunia teknologi.

(brl/red)