Cara menyambungkan laptop ke proyektor dengan benar, pahami langkah dan apa yang perlu disiapkan

Cara menyambungkan laptop ke proyektor dengan benar, pahami langkah dan apa yang perlu disiapkan

Techno.id - Layar laptop bisa digunakan untuk menampilkan konten dengan mudah. Namun layar laptop yang terbatas tentu membuat tayangan terbatas.

Maka dari itu, sudah banyak alat yang bisa digunakan untuk menampilkan tayangan yang lebih besar dengan bantuan proyektor. Proyektor mampu menampilkan gambar dengan ukuran jauh lebih besar dari aslinya.

Sebelum bisa digunakan, laptop dan proyektor tentu perlu dipasangkan satu sama lain. Proses penyambungan laptop dengan proyektor pada dasarnya tidak terlalu rumit. Namun, perlu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan serta langkah apa yang harus diperhatikan.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (15/12), cara menyambungkan laptop ke proyektor dengan benar.

Cara menyambungkan laptop ke proyektor dengan benar

Cara menyambungkan laptop ke proyektor dengan benar, pahami langkah dan apa yang perlu disiapkan

foto: pexels.com

Menyambungkan laptop dengan komputer perlu ada beberapa hal yang diperhatikan. Mulai dari alat yang diperlukan, cara penyambungan perangkat, hingga pengaturan yang perlu dilakukan agar kedua perangkat tersebut bisa digunakan dengan nyaman.

Secara umum, untuk menyambungkan laptop dengan proyektor bisa dibilang cukup mudah. Bahkan pada beberapa proyektor keluaran terbaru, kamu bisa menghubungkan perangkat ini secara wireless.

1. Siapkan laptop dan proyektor yang akan digunakan.
2. Jika proyektor kamu menggunakan kabel berupa VGA atau HDMI, hubungkan dua perangkat tersebut dengan kabel yang sesuai.
3. Namun jika proyektor kamu sudah mendukung koneksi Bluetooth, cukup menyalakan kedua perangkat tersebut kemudian koneksikan.
4. Setelah laptop dan proyektor sudah terhubung, buka laptop kamu kemudian tekan WIndows + P.
5. Akan ada beberapa menu yang bisa kamu pilih namun yang paling direkomendasikan adalah Duplicate.
6. Jika opsi Duplicate tidak bisa berfungsi dengan normal, kamu bisa memiliki fitur lain yang tidak jauh berbeda.

Secara umum, cara tersebut termasuk cukup mudah untuk dilakukan. Pasalnya, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa alat khususnya kabel penghubung untuk menyambungkan laptop dengan proyektor. Bahkan jika proyektor tersebut sudah mendukung koneksi bluetooth, kamu tidak perlu menggunakan kabel penghubung untuk menyambungkan dua perangkat.


(brl/guf)