Cara memasang RAM di PC dengan benar, pastikan penempatan presisi

Cara memasang RAM di PC dengan benar, pastikan penempatan presisi

Techno.id - Memasang Random Access Memory (RAM) di PC bagi sebagian orang dianggap mudah. Buka casing PC, cari lokasi RAM, pasang, selesai. Namun jika memasangnya kurang baik, maka akan membuat PC tidak bisa berfungsi.

RAM berfungsi untuk menyimpan sementara data yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi, membuka file, menjelajahi internet, dan hampir semua hal lainnya. RAM menentukan berapa banyak program yang dapat dijalankan oleh sistem sekaligus. Itulah sebabnya mengapa menginstal lebih banyak RAM dapat memberikan peningkatan kinerja.

Dengan asumsi kamu telah menentukan berapa banyak memori yang didukung motherboard, generasi RAM, dan frekuensinya, maka pemasangannya harus presisi. Cara ini untuk membantu kamu yang ingin menambah RAM atau mereka yang sedang membangun PC baru. Berikut cara memasang RAM yang benar.

Temukan slot RAM

Cara memasang RAM di PC dengan benar, pastikan penempatan presisi foto: freepik/bubklikhaus

Pertama, kamu harus mematikan PC dan mencabut semua kabel, terutama yang memasok daya. Kemudian, buka satu sisi casing kabinet secara perlahan atau buka kuncinya menggunakan mekanisme kait untuk mengakses motherboard.

Sebelum melanjutkan, kamu harus menyentuh permukaan logam yang tidak dicat untuk meng-ardekan diri kamu. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada komponen sensitif akibat muatan listrik statis dari tubuh kamu.

Sebagai alternatif, kamu juga dapat mengenakan gelang anti-statis untuk mencegah pelepasan muatan listrik. Sekarang, temukan slot RAM. Posisinya tergantung pada merek motherboard, tetapi secara umum, kamu dapat menemukannya di sebelah CPU.

Jika kamu mengganti keping RAM yang lama, perhatikan di slot mana RAM saat ini terpasang. Karena kamu harus memasang keping RAM yang baru dengan orientasi yang sama. Jika tidak, gunakan setiap slot RAM lainnya yang paling jauh dari CPU jika kamu memasang dua keping RAM.

Dengan sangat hati-hati, buka kait atau klip plastik di kedua sisi slot RAM. Cara yang tepat untuk melakukannya adalah dengan menekan ujung klip hingga terbuka, dan melepaskan stik RAM.

Cara memasang RAM di PC dengan benar, pastikan penempatan presisi foto: freepik

Setelah Kamu membuka kait di kedua sisi, lepaskan stik RAM yang ada dengan menariknya dengan kedua tangan sehingga keluar dengan lurus.

Saat slot kosong, pertimbangkan untuk membersihkannya dengan sikat lembut atau dengan udara bertekanan jika kamu memilikinya. Jika kamu sedang membangun PC baru, tidak perlu membersihkan slot sebelum pemasangan. Namun, langkah-langkah untuk membuka kait slot RAM tetap sama.

(brl/red)