5 RAM terbaik tahun 2024, bikin laptop lama kamu jadi ngebut lagi seperti baru

5 RAM terbaik tahun 2024, bikin laptop lama kamu jadi ngebut lagi seperti baru

Techno.id - Jika laptop kamu membutuhkan tambahan tenaga untuk menjalankan lebih banyak aplikasi dan bermain game, maka kamu harus meningkatkan Random Access Memory (RAM).

Bahkan peningkatan RAM yang cepat dapat menghidupkan kembali laptop kamu yang sudah lawas, mengubahnya dari lemot menjadi ngebut agar mampu menangani tugas apa pun yang kamu lakukan. Namun, tidak semua modul RAM berfungsi dengan laptop.

Dari kit DDR4 yang terjangkau hingga pembangkit tenaga DDR5 mutakhir, berikut adalah RAM SODIMM (Small Outline Dual In-line Memory Module) terbaik untuk laptopyang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. SODIMM DDR5-4800 Crucial

5 RAM terbaik tahun 2024, bikinlaptop lama kamu jadi ngebut lagi seperti baru foto: crucial

Jika laptop kamu mendukung DDR5, Crucial DDR5-4800 SODIMM adalah peningkatan hemat biaya yang menawarkan kinerja luar biasa tanpa mengurangi kecepatan. Menampilkan kecepatan 4800MT per detik di CL40, komponen ini cocok dengan sebagian besar kit RAM laptop gaming, memberikan kinerja luar biasa untuk tugas bermain game dan pembuatan konten.

Tersedia dalam stik tunggal atau kit 8GB, 16GB, dan 32GB, kamu dapat dengan mudah menemukan kapasitas yang tepat sesuai kebutuhan. Selain itu, kamu dapat mengharapkan untuk mencapai kecepatan maksimum 4800MT per detik di hampir semua laptop dengan dukungan DDR5.

2. TeamGroup Elite DDR4

5 RAM terbaik tahun 2024, bikinlaptop lama kamu jadi ngebut lagi seperti baru foto: teamgroupinc

Tidak semua laptop dilengkapi kinerja memori DDR5 yang mutakhir. Jika laptop kamu berusia beberapa tahun, kit DDR4 yang andal seperti Memori Laptop TEAMGROUP Elite DDR4 dapat memberikan peningkatan kinerja yang signifikan untuk daya melalui permainan berat dan beban kerja multitasking.

RAM ini menawarkan kecepatan tercepat di ranah DDR4, mencapai 3200MT per detik dengan pengaturan waktu CL22 yang ketat, dan dirancang dengan sempurna untuk faktor bentuk laptop dengan desain SODIMM-nya. Selain itu, harganya yang hemat anggaran memungkinkan kamu memperoleh kapasitas yang lebih tinggi, seperti 32GB, tanpa menghabiskan banyak uang, sehingga kamu dapat menjaga laptop yang sudah tua tetap berjalan seperti baru.

3. Crucial DDR5-5600 SODIMM

5 RAM terbaik tahun 2024, bikinlaptop lama kamu jadi ngebut lagi seperti baru foto: crucial

Jika laptop gaming kamu sangat lamban atau tidak dapat mengikuti game modern, kit DDR-5600 dari Corsair ini bisa menjadi cara yang bagus dan terjangkau untuk mengubahnya menjadi game yang kompetitif. Tersedia dalam bundel hingga 96GB, RAM ini mengemas kekuatan yang kamu butuhkan untuk menaklukkan game berat sekalipun.

Crucial DDR5-5600 SODIMM mendukung Intel XMP 3.0 dan AMD EXPO, memungkinkan kamu meningkatkan kinerja dari rig kamu. Ini juga secara otomatis menurunkan kecepatan menjadi 5200MT per detik atau 4800MT per detik untuk memastikan kinerja sempurna pada semua laptop yang mendukung DDR5, apa pun kemampuannya.

4. Kingston FURY Impact DDR5 SODIMM

5 RAM terbaik tahun 2024, bikinlaptop lama kamu jadi ngebut lagi seperti baru foto: kingston

Mendorong batas DDR5, Kingston FURY Impact SODIMM membuka kecepatan overclock yang luar biasa sebesar 6400MT per detik, mengemas pukulan bahkan untuk tugas yang paling berat sekalipun. Menampilkan pengaturan waktu CL38-40-40 yang ketat untuk respons yang luar biasa, kit canggih ini tersedia dalam stik 16GB tunggal atau konfigurasi 32GB saluran ganda, siap menangani beban kerja game dan konten kreatif yang paling intensif.

RAM besutan Kingston ini menghadirkan kinerja yang mulus dan bebas kekhawatiran setiap saat. Satu-satunya peringatan adalah laptop kamu harus mendukung Intel XMP 3.0, atau RAM akan default ke kecepatan JEDEC DDR5-4800.

5. Skill Ripjaws DDR5 SO-DIMM

5 RAM terbaik tahun 2024, bikinlaptop lama kamu jadi ngebut lagi seperti baru foto: gskill

Skill Ripjaws DDR5 SO-DIMM hadir dalam beberapa konfigurasi, tetapi bundel 64GB menonjol sebagai pilihan sempurna untuk pengguna yang kuat, terutama pembuat konten, termasuk gamer hardcore. Menampilkan sepasang memory stick 32GB peringkat ganda, RAM ini memberikan kinerja yang dipercepat untuk tugas-tugas yang menuntut bandwidth yang cukup, seperti rendering 3D dan pengeditan video berlapis-lapis.

Mencatat waktu pada 5600MT per detik dengan pengaturan waktu 40-40-40-89 yang cukup ketat dan tegangan rendah 1,10 V, Ripjaw menawarkan perpaduan kecepatan dan stabilitas yang seimbang. Seperti kebanyakan kit SODIMM DDR5 kelas atas, kit ini sepenuhnya kompatibel dengan Intel XMP 3.0 dan AMD EXPO, siap untuk membuka potensi overclocking tambahan jika kamu mencari kinerja yang lebih tinggi.

(brl/red)