3 Alasan game selular membuat smartphone kamu harus bekerja ekstra, baterai bisa cepat habis

3 Alasan game selular membuat smartphone kamu harus bekerja ekstra, baterai bisa cepat habis

Techno.id - Game selular meningkat selama beberapa tahun terakhir. Game tidak hanya berkinerja lebih baik di selular, tetapi juga lebih banyak pilihan. Bermain game selular tentu saja sangat mengandalkan smartphone.

Dengan konfigurasi perangkat lunak dan perangkat keras yang dibenamkan di dalam smartphone saat ini, bermain game selular jadi sngat mengasyikkan. Namun kamu harus merawat smartphone dengan baik jika tidak ingin perangkat kamu menurun performanya. Berikut tiga alasan mengapa game selular membuat smartphone kamu bekerja ekstra keras.

1. Meningkatnya ukuran game

3 Alasan game selular membuat smartphone kamu harus bekerja ekstra, baterai bisa cepat habis foto: freepik/drobotdean

Satu hal yang mungkin menyebabkan ponsel kamu menjadi lamban adalah kurangnya ruang penyimpanan. Ponsel akan kesulitan dengan memori serta menemukan ruang untuk mengunduh cookie dan data lainnya.

Periksa penyimpanan ponsel kamu di pengaturan untuk melihat berapa banyak ruang yang tersisa. Kamu mungkin terkejut melihat bahwa memiliki ruang yang jauh lebih sedikit daripada yang kamu kira.

Hal ini disebabkan game semakin besar selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2021, penelitian menunjukkan bahwa game 76% lebih besar dibanding tahun 2016. Hal ini memungkinkan game menawarkan grafik yang lebih baik dan konsep yang kompleks, tetapi memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Menghapus game yang saat ini tidak kamu mainkan adalah pilihan terbaik jika penyimpanan menjadi masalah.

2. Menghabiskan RAM

3 Alasan game selular membuat smartphone kamu harus bekerja ekstra, baterai bisa cepat habis foto: freepik

Meskipun memiliki banyak ruang di ponsel, kamu mungkin merasa ponsel berjalan lebih lambat setelah bermain game. Asal tahu ya, bermain game sangat bergantung pada penggunaan Random-Access Memory (RAM)untuk kinerja yang optimal. Ini menyimpan data dalam RAM untuk akses cepat saat permainan membutuhkannya.

Aplikasi lain juga perlu menggunakan RAM. Jika RAM Anda belum dibersihkan dan masih tersumbat data game, ponsel akan berjalan lambat, terutama jika kamu terus menjalankan game atau menjalankan fungsi di latar belakang.

Ponsel terbaik memiliki RAM yang cukup untuk menjalankan game dengan sempurna tanpa memengaruhi fungsi lainnya. Namun, perangkat akan tetap kesulitan jika kamu sering bermain game yang membutuhkan banyak memori. Terkadang, yang diperlukan hanyalah memulai ulang ponsel untuk mengembalikannya ke performa terbaiknya.

3. Menguras baterai

3 Alasan game selular membuat smartphone kamu harus bekerja ekstra, baterai bisa cepat habis foto: freepik/denisbarysau

Bukan rahasia lagi jika bermain game menghabiskan baterai. Saat bermain game, kamu menggunakan ponsel lebih konsisten dalam jangka waktu yang lama. Ponsel memanas, yang menyebabkan baterai lebih cepat habis. Jika baterai ponsel kamu terkuras secara teratur dengan cara ini, itu bisa menjadi kurang efektif untuk menyimpan daya.

Kamu mungkin mendapati masa pakai baterai berkurang bahkan saat kamu tidak bermain game. Ini bisa membuat frustrasi jika kamu mengandalkan ponsel sepanjang hari. Seiring waktu, kinerja ponsel sedikit lebih buruk dan masa pakai baterai akan mulai berkurang. Meskipun demikian, sebagian besar masalah dapat diperbaiki dengan memulai ulang ponsel dan mengosongkan sebagian ruang.

(brl/red)