Ini alasan Microsoft menentukan kapasitas RAM 16GB menjadi standard baru PC Windows

Ini alasan Microsoft menentukan kapasitas RAM 16GB menjadi standard baru PC Windows

Techno.id - Ketika sistem operasi menjadi lebih kompleks, spesifikasi minimum untuk PC baru meningkat agar bisa memenuhinya. Laporan terbaru mengklaim bahwa Microsoft mendorong agar Random Access Memory (RAM) 16GB menjadi kapasitas memori minimum untuk perangkat baru.

Sebuah laporan riset pasar TrendForce mengatakan Microsoft berencana meningkatkan jumlah minimum RAM yang dimiliki perangkat baru. Microsoft telah menetapkan baseline untuk Dynamic Random Access Memory (DRAM) di PC AI sebesar 16GB.

Dalam jangka panjang, TrendForce memproyeksikan bahwa AI PC akan mengkatalisasi peningkatan permintaan tahunan untuk bit DRAM PC, dengan tren peningkatan konsumen semakin meningkatkan permintaan ini.

Saat ini, pengguna dapat membeli PC baru dengan RAM minimal 8GB. Jika laporan ini akurat, model-model ini pada akhirnya akan dihapus, dan komputer 16GB akan menggantikannya sebagai baseline.

Alasan Microsoft menetapkan baseline RAM 16GB

Ini alasan Microsoft menentukan kapasitas RAM 16GB menjadi standard baru PC Windows foto: freepik/bublikhaus

Ada istilah menarik dalam kutipan TrendForce, yakni AI PCS. Meskipun kedengarannya tidak signifikan, inilah mengapa Microsoft mendorong lebih banyak RAM. Sebuah AI PC bisa menjadi mesin di mana AI menggerakkan sistem operasi itu sendiri.

Ini mungkin juga istilah pemasaran yang mencolok untuk PC biasa dengan beberapa alat AI sederhana yang sudah diinstal sebelumnya. Terlepas dari bagaimana PC AI berjalan, alat pemrosesan khusus tersebut akan membutuhkan lebih banyak memori agar berjalan dengan baik.

(brl/red)