Cara menghubungkan monitor eksternal pada laptop meski layar built-in tertutup

Cara menghubungkan monitor eksternal pada laptop meski layar built-in tertutup

Techno.id - Kamu punya monitor komputer yang tidak terpakai karena CPU-nya rusak? Kamu bisa memanfatkannya sebagai layar eksternal pada laptop.

Meski semua laptop dirancang dengan layar built-in, namun kamu bisa memodifikasinya menjadi "CPU cadangan". Biasanya cara ini sering dilakukan para gamer.

Tujuannya agar saat bermain game dengan laptop lebih seru. Nah untuk solusinya, kamu bisa menghubungkan laptop dengan layar eksternal. Apalagi laptop saat ini juga menyediakan port untuk dihubungkan dengan layar eksternal baik dengan port USB type C (display port) maupun HDMI.

Cara menghubungkan monitor eksternal pada laptop meski layar built-in tertutup foto: freepik.com/dcstudio

Biasanya, untuk menghubungkan laptop dengan layar eksternal, agar laptop tetap bisa beroperasi maka layar laptop harus dibiarkan terbuka. Sebab, jika layar laptop tertutup maka perangkat tersebut akan berada pada mode siaga atau dipaksa untuk hibernasi. Itu artinya sistem pada laptop tidak akan beroperasi.

Tapi sebenarnya ada cara agar tetap laptop bisa digunakan dengan layar eksternal meski layar laptop dalam keadaan tertutup. Dengan posisi layar laptop tertutup, maka pengguna dengan leluasa menempatkan layar eksternal pada ketinggian yang sama dengan memanfaatkan stasiun docking vertikal.

Nah cara ini bisa dilakukan pada sistem operasi Windows 10 atau 11 agar laptop tetap aktif saat layarnya ditutup. Begini caranya.

(brl/red)