7 Tips memilih laptop berkualitas untuk mahasiswa

7 Tips memilih laptop berkualitas untuk mahasiswa

Techno.id - Keberadaan perangkat laptop saat ini begitu penting untuk berbagai aktivitas mulai dari mengerjakan tugas hingga pekerjaan secara fleksibel. Apalagi saat ini laptop semakin banyak tersedia dipasaran, tentu membuat pengguna dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

Untuk membantu menyelesaikan beragam tugas secara optimal, diperlukan laptop yang sesuai. Maka dari itu, dalam pemilihan laptop yang tepat tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena itu, perlu diketahui beberapa tips membeli laptop yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan.

Dalam membeli laptop, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika kamu adalah mahasiswa yang aktif dengan berbagai kegiatan seperti mengetik makalah, laporan, mengedit video hingga aktifitas gaming, maka perlu laptop dengan kinerja andal dan spesifikasi mumpuni.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan? Dilansir dari ceklist,id, berikut tips cara memilih laptop berkualitas untuk mahasiswa agar tak salah pilih dan sesuai kebutuhan.

1. Sesuaikan budget

Pastikan laptop yang hendak kamu beli sudah sesuai dengan budget yang dimiliki. Tidak perlu khawatir karena laptop saat ini sudah banyak tersedia dipasaran dengan berbagai spesifikasi berkualitas dengan harga terjangkau.

2. Sistem operasi

Saat ini terdapat tiga jenis sistem operasi yang banyak digunakan berbagai merk laptop terbaik yaitu Windows OS, MacOS (Macbook), dan laptop dengan ChromeOS (Chromebook). Kamu hanya perlu memastikan memilih laptop yang sesuai aplikasi yang sering kamu pakai atau gunakan agar kompatible dengan OS yang dimilikinya.

3. Layar

Pertimbangan selanjutnya saat memilih laptop yang tepat untuk mahasiswa adalah pastikan layar laptop yang kamu pilih cocok dan pas untuk mendukung kegiatankamu. Layar laptop yang tersedia saat ini adalah 18 inci, 17 inci, 16 inci, 15 inci hingga 13 inci dengan resolusi mulai dari Full HD (1920x1080), WXGA (2560x1600), hingga 4K Ultra HD (3840x2160).

4. Prosesor dan kartu grafis

Untuk menghasilkan kinerja laptop yang optimal, diperlukan CPU (Central Processing Unit) atau biasa disebut prosesor yang andal dan kencang. Pastikan untuk memilih laptop dengan CPU dan GPU generasi terbaru dan berkecepatan tinggi agar mendukung produktivitas harian semakin efisien.

5. RAM dan memory penyimpanan

Kapasitas RAM besar turut serta mendukung sisi kinerja laptop semakin optimal. Untuk menunjang aktivitas multitasking yang lancar saat membuka banyak aplikasi secara bersamaan, diperlukan RAM dengan kapasitas yang cukup besar minimal 8 GB. Sementara untuk menyimpan data file-file berukuran besar, kamu bisa memilih kapasitas memori penyimpanan 256GB ke atas.

6. Baterai dan kelengkapan port

Agar laptop awet saat digunakan, perhatikan kapasitas baterai yang dimilikinya. Laptop dengan daya tahan baterai yang awet, tentu mendukung aktivitas mahasiswa yang sering mengerjakan tugas atau aktivitas lainnya di luar ruangan.

7. Beli di tempat terpercaya

Pastikan saat membeli laptop sebaiknya beli di tempat terpercaya serta dapat memberikan pelayanan yang baik jikalau nanti laptop yang kamu beli memiliki masalah dikemudian hari.

(brl/red)