Cara menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang Android untuk menghemat baterai

Cara menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang Android untuk menghemat baterai

Techno.id - Tidak semua aplikasi di perangkat Android kamu perlu berjalan di latar belakang. Jika perangkat kamu lemot dan mengalami pengurasan baterai yang berlebihan, kamu dapat menghemat sumber daya dengan mencegah aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang.

Cara memeriksa aplikasi mana yang berjalan di latar belakang

Menu Opsi Pengembang di Android menyediakan akses ke berbagai fitur berguna dan wawasan tentang fungsionalitas perangkat. Opsi penting dalam menu ini adalah Menjalankan layanan, yang menyediakan daftar aplikasi yang beroperasi di latar belakang bersama dengan penggunaan RAM yang sesuai. Berikut cara mengaksesnya.

Cara menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang Android untuk menghemat baterai foto: freepik

1. Buka aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah, dan ketuk Tentang ponsel.

2. Buka Informasi perangkat lunak dan ketuk nomor Build tujuh kali untuk mengaktifkan opsi Pengembang.

3. Masukkan PIN kamu (kode sandi perangkat), dan akan terlihat pesan kamu sekarang menjadi pengembang.

4. Kembali ke menu Pengaturan utama dan ketuk Opsi pengembang di bagian bawah.

5. Gulir ke bawah dan temukan Menjalankan layanan. Ketuk ini untuk melihat daftar aplikasi dan layanan, beserta penggunaan memorinya.

Kamu juga dapat menavigasi ke menu penggunaan baterai di Android untuk mengetahui aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai. Informasi ini dapat membantu kamu membuat keputusan yang tepat tentang aplikasi mana yang harus dihentikan untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android.

Untuk memeriksa penggunaan baterai aplikasi, buka menu Pengaturan dan buka Baterai. Aplikasi yang menggunakan baterai paling banyak akan muncul di bagian atas. Telusuri daftar untuk menemukan aplikasi yang tidak penting, catat untuk langkah selanjutnya.

(brl/red)