5 Fakta yang perlu kamu ketahui tentang Google Gemini, penantang Copilot dan ChatGPT

5 Fakta yang perlu kamu ketahui tentang Google Gemini, penantang Copilot dan ChatGPT

Techno.id - Belakangan ini ada anggapan yang menyebutkan Google telah menjadi raksasa AI yang tertidur. Tetapi minggu ini akhirnya raksasa tersebut bangun dengan memperkenalkan alat AI Google Gemini.

Gemini disebut-sebut sebagai rangkaian alat AI paling kuat dari raksasa teknologi tersebut. Gemini adalah nama payung baru untuk semua alat AI Google, mulai dari chatbot hingga asisten suara dan asisten pengkodean lengkap.

Alat ini menggantikan Google Bard, nama sebelumnya untuk chatbot AI Google dan Duet AI, nama untuk saingan berorientasi Ruang Kerja Google untuk CoPilot Pro dan ChatGPT Plus.

Sebagai bagian dari peluncuran, Google juga telah merilis aplikasi Google Gemini gratis baru untuk Android (untuk saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat). Selain itu untuk pertama kalinya, Google juga merilis large language model (LLM) paling kuat sejauh ini yang disebut Gemini Ultra 1.0. Berikut beberapa fakta mengenai Google Gemini yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. Gemini menggantikan Google Bard dan Duet AI

5 Fakta yang perlu kamu ketahui tentang Google Gemini, penantang Copilot dan ChatGPT foto: deepmind.google

Dalam beberapa hal, Google Gemini membuat segalanya menjadi lebih sederhana. Ini adalah nama umum baru untuk semua alat AI Google, baik kamu menggunakan ponsel cerdas atau desktop, atau menggunakan versi gratis atau berbayar.

Gemini menggantikan Google Bard (nama sebelumnya untuk chatbot AI eksperimental Google) dan Duet AI, kumpulan alat berorientasi kerja untuk Google Workspace.

Mencari pembantu AI gratis untuk membuatkan gambar atau membuat ulang email? Kamu sekarang dapat membuka Google Gemini dan mulai menggunakannya dengan akun Google standar.

Tetapi jika kamu menginginkan Gemini yang lebih canggih dan akses ke Gemini Ultra LLM terbaru Google, kamu harus membayar langganan bulanan. Ada tiga cara utama untuk mengakses Google Gemini yakni Aplikasi Google Gemini (Android), Google Gemini (situs web), dan Google Gemini Adavance (berlangganan).

2. Gemini juga menggantikan Asisten Google

5 Fakta yang perlu kamu ketahui tentang Google Gemini, penantang Copilot dan ChatGPT foto: deepmind.google

Seperti yang disebutkan di atas, Google telah meluncurkan aplikasi Gemini gratis baru untuk Android. Untuk saat ini baru diluncurkan di AS dan Google mengklaim aplikasi ini akan tersedia sepenuhnya dalam beberapa minggu mendatang untuk sejumlkah negara.

Akan ada peluncuran serupa untuk iOS dan iPhone, tetapi dengan pendekatan yang berbeda. Alih-alih aplikasi mandiri yang terpisah, Gemini akan tersedia di aplikasi Google.

Aplikasi Android adalah masalah besar khususnya karena memungkinkan kamu menetapkan Gemini sebagai asisten suara default, menggantikan Asisten Google yang ada. Kamu dapat mengatur ini selama proses penyiapan aplikasi, di mana kamu dapat mengetuk "Saya setuju" agar Gemini menangani tugas di ponsel kamu.

Setiap kali kamu memanggil asisten suara di ponsel Android, baik dengan menekan lama tombol beranda atau mengatakan "Hai Google, kamu akan berbicara dengan Gemini.

3. Cara baru untuk menanyai aplikasi Google lain

5 Fakta yang perlu kamu ketahui tentang Google Gemini, penantang Copilot dan ChatGPT foto: play.google

Gemini dirancang untuk menjadi semacam co-pilot kreatif jika kamu memerlukan bantuan dalam "menulis, bertukar pikiran, belajar, dan banyak lagi". Jadi kamu dapat memintanya untuk menulis ulang email, membantu penelitian, dan banyak lagi.

Namun peringatan tetap ada. Google mengatakan bahwa "Gemini akan membuat kesalahan" meskipun semakin membaik dari hari ke hari, Gemini dapat memberikan informasi yang tidak akurat, atau bahkan dapat membuat pernyataan yang menyinggung.

Gemini juga merupakan cara baru untuk berinteraksi dengan layanan Google lainnya seperti YouTube, Google Maps, dan Gmail. Minta untuk menyarankan beberapa lokasi wisata popular, maka Gemini akan menampilkannya di Google Maps.

4. Versi gratis Gemini memiliki batasan

Versi gratis Gemini yang bisa kamu akses di aplikasi Google Gemini di Android, di aplikasi Google di iOS, atau di situs web Gemini memiliki beberapa batasan dibanding Gemini Advanced berlangganan.

Ini sebagian karena didasarkan pada model bahasa besar (LLM) yang lebih sederhana yang disebut Gemini Pro, bukan Gemini Ultra 1.0 baru dari Google. Secara garis besar, versi gratisnya kurang kreatif, kurang akurat, tidak dapat menangani pertanyaan multi-langkah, tidak dapat benar-benar membuat kode, dan memiliki kekuatan penanganan data yang lebih terbatas.

Ini berarti versi gratisnya paling baik untuk hal-hal dasar seperti menjawab pertanyaan sederhana, meringkas email, membuat gambar, dan menanyai layanan Google lain menggunakan bahasa alami.

Mencari asisten AI yang dapat membantu pengkodean tingkat lanjut, proyek kreatif yang kompleks, dan juga bekerja langsung di Gmail dan Google Documents? Google Gemini Advanced bisa menjadi pilihan.

5. Aplikasi Gemini

5 Fakta yang perlu kamu ketahui tentang Google Gemini, penantang Copilot dan ChatGPT foto: play.google

Google telah menyatakan bahwa aplikasi Android Gemini akan segera hadir ke "lebih banyak negara dan Bahasa. Namun Google belum memberikan skala waktu kapan hal itu akan terjadi.

(brl/red)