Cara mengentahui penyebab dan memperbaiki suara headphone yang mendem

Cara mengentahui penyebab dan memperbaiki suara headphone yang mendem

Techno.id - Saat ingin menikmati musik, video, atau bermain game dengan nyaman tanpa mengganggu orang di sekitar, biasanya orang akan memilih menggunakan headphone. Perangkat yang mumpuni, biasanya memiliki kualitas suara yang nyaman di kuping. Nggak bikin sakit.

Tapi seiring lamanya penggunaan, headphone akan mengalami penurunan performa. Biasanya suara speaker headphone mulai mengecil baik pada kedua speaker maupun salah satunya. Antara suara speaker kiri dan kanan terkadang berbeda.

Selain itu, meski speaker kiri dan kanan berimbang, namun suara yang dihasilkan justru mendem. Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan. Meskipun kamu sudah berusaha meningkatkan volume ke level yang lebih tinggi bahkan maksimal, tetapi suaranya tetap saja kecil.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan headphone kamu suaranya mendem. Tetapi, tidak semua disebabkan perangkat keras atau kerusakan langsung pada perangkat. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersempit kemungkinannya, kemudian mulai mencari penyebab dan cara memperbaiknya. Berikut Techno.id sajikan penyebab suara headphone mendem dan cara mengatasinya.

Tumpang tindih dengan panggilan telepon

Cara mengentahui penyebab dan memperbaiki suara headphone yang mendem foto: freepik

Masalah audio headphone dapat muncul ketika kamu menggunakan headphone tersebut untuk mendengarkan media (musik, video, game) dan melakukan panggilan telepon. Terkadang headphone akan keliru, pengaturan panggilan telepon digunakan untuk mendengarkan secara reguler. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas dan kemungkinan distorsi. Setiap perangkat akan memiliki proses yang berbeda baik di iOS maupun Android.

Pengaturan di iOS

1. Buka Pengaturan dan pilih Bluetooth, lalu ketuk ikon Info (i) di sebelah headphone kamu yang tercantum di bawah Perangkat Saya.

2. Pilih Jenis Perangkat, lalu coba pilih jenis perangkat yang berbeda dari daftar (misalnyaSpeaker, Lainnya,) dan lihat apakah itu membantu.

Pengaturan di Android

1. Buka pengaturan Bluetooth lalu ketuk ikon roda gigi di sebelah headphone kamu.

2. Matikan sakelar untuk menonaktifkan panggilan telepon dengan headphone (tergantung versi Android kamu, bisa disebut Audio Telepon atau yang lainnya), lalu coba dengarkan audionya lagi.

Jika kamu menggunakan komputer Windows, coba cara berikut ini.

Cara mengentahui penyebab dan memperbaiki suara headphone yang mendem foto: freepik/zikrieys

1. Untuk Windows 10, buka Pengaturan dan pilih Suara, lalu klik panel kontrol Suara untuk melihat daftar semua perangkat audio yang dipasangkan dan terhubung.

2. Jika kamu menggunakan Windows 11, buka Pengaturan dan pilih Sistem, lalu pilih Suara dan klik Pengaturan suara lainnya.

3. Dari tab Playback, pastikan headphone (yang seharusnya terhubung dan sedang digunakan) memiliki tanda centang hijau di sebelahnya, dan jika tidak, pilih dan hubungkan.

4. Klik tab Komunikasi dan periksa apakah headset kamu sudah diatur untuk panggilan. Matikan opsi tersebut jika iya.

Tetapi pengaturan panggilan telepon bukan satu-satunya penyebab potensial untuk masalah audio.

(brl/red)