Kesulitan menyambungkan headphone Bluetooth ke PS5? Begini caranya

Kesulitan menyambungkan headphone Bluetooth ke PS5? Begini caranya

Techno.id - PlayStation 5 (PS5) telah menjadi salah satu konsol game terpopular. Sebagai pengguna PS5, kamu mungkin ingin menggunakan headphone, earbuds atau AirPods bertenaga Bluetooth sebagai sumber audio.

Tetapi hal itu bukan persoalan mudah karena PS5 tidak mendukung output audio Bluetooth. Pada saat yang sama, beberapa headphone nirkabel mungkin memerlukan adaptor nirkabel USB eksternal untuk PS5. Kendati begitu tetap ada solusi pihak ketiga yang dapat kamu gunakan untuk menghubungkan AirPods dengan PS5 melalui Bluetooth.

Selama ini mungkin banyak yang bertanya, mengapa tidak dapat menyinkronkan hedphone Bluetooth dengan PS5? Dibanding headset khusus gaming atau headphone nirkabel yang mengandalkan adaptor USB eksternal, konektivitas Bluetooth untuk gaming lebih kompleks dalam hal audio.

Kesulitan menyambungkan headphone Bluetooth ke PS5? Begini caranya foto: unsplash/fabio magalhaes

Game bergerak cepat, sementara standar Bluetooth onboard saat ini tidak mendukung latensi yang cukup rendah untuk memenuhi permintaan tersebut. Konsekuensinya, pengguna akan mendapatkan delay audio yang dikirim ke headphone atau earbud yang mengakibatkan pengalaman bermain game PS5 terganggu karena audio dalam game tidak sinkron dengan video.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Sony tidak mengizinkan PS5 untuk mendukung headphone atau earbud Bluetooth. Untuk alasan yang sama, Nintendo Switch juga menghindari menambahkan fitur ini selama bertahun-tahun. Namun tetap ada solusi untuk menghubungkan Airpods dengan PS5 menggunakan perangkat pihak ketiga.

(brl/red)