Cara mengentahui penyebab dan memperbaiki suara headphone yang mendem

Cara mengentahui penyebab dan memperbaiki suara headphone yang mendem

Cara memperbaiki suara headphone yang mendem

Kerusakan bukanpada headphone

Cara mengentahui penyebab dan memperbaiki suara headphone yang mendem foto: freepik/lookstudio

Masalah audio headphone tidak selalu disebabkan headphone itu sendiri. Jadi cobalah perbaikan ini sebelum kamu mempertimbangkan untuk engganti headset.

1. Periksa perangkat dan headphone kamu untuk mengetahui apakah ada pembaruan versi baru atau codec dan instal jika perlu, lalu coba putar audio lagi.

2. Coba dengarkan audio yang berbeda dari sumber yang sama sekali berbeda. Ada kemungkinan file yang kamu dengarkan terdistorsi. Bisa juga program yang kamu gunakan untuk mendengarkannya mengalami masalah, termasuk layanan streaming bermasalah. Jadi ganti saja dan lihat apakah masalahnya hilang.

3. Koneksi antara headphone dan komputer atau perangkat lain juga bisa menjadi masalah. Jika kamu menggunakan perangkat nirkabel, lepaskan perangkat dari headphone lalu pasangkan lagi. Jika kamu menggunakan perangkat berkabel, coba colokkan kabel headphone ke port lain di perangkat lain (jika tersedia).

4. Koneksi dengan beberapa perangkat nirkabel terkadang juga dapat menimbulkan masalah audio, terutama jika ada lebih dari satu perangkat yang aktif pada waktu yang sama. Masuk ke pengaturan perangkat Anda dan putuskan sambungan semua perangkat nirkabel lain yang dipasangkan, lalu coba gunakan headphone Anda lagi.

5. Periksa pengaturan audio untuk aplikasi yang kamu gunakan atau untuk perangkat. Pastikan bahwa output telah diatur untuk headphone kamu, dan matikan opsi enhancement atau fitur equalizer.

Jika tidak ada yang menjadi penyebab masalah audio, saatnya untuk melihat lebih dekat pada headphone kamu.

Periksa headphone

Cara mengentahui penyebab dan memperbaiki suara headphone yang mendem foto: freepik/jcomp

Periksa headphone untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan fisik atau keausan.

1. Periksa bagian telinga dan port koneksi dari kotoran dan serpihan, yang dapat menumpuk seiring waktu dan menyebabkan distorsi atau masalah koneksi fisik.

2. Jika kamu mencurigai adanya kotoran, bersihkan headphone dengan hati-hati menggunakan semprotan udara bertekanan yang lembut atau dengan mengangkat kotoran penyumbat secara perlahan menggunakan kapas kering atau tusuk gigi dengan hati-hai agar tidak merusak speaker.

3. Kerusakan akibat air baik karena penumpukan kelembapan dari waktu ke waktu atau kontak langsung dengan air, juga dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada beberapa headphone. Jika kamu cukup yakin bahwa kerusakan akibar air adalah masalahnya dan headphone kamu tidak memiliki peringkat tahan terhadap kelembapan, kemungkinan besar kamu tidak dapat memperbaiki kerusakan tersebut.

4. Jika headphone kamu menggunakan koneksi kabel, periksa kabelnya apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti sobek. Jika ada kerusakan, kamu dapat mencoba memperbaikinya dengan terlebih dahulu membersihkan area yang terbuka dengan sedikit isopropil alkohol untuk menghilangkan kotoran, kemudian setelah kering, bungkus bagian yang rusak dengan selotip listrik.

Meskipun penyumbatan dan kerusakan fisik terkadang dapat diperbaiki, tetapi masalah headphone yang rusak tergantung pada tingkat keparahannya.

(brl/red)