Cara membersihkan earbuds, jangan biarkan kotoran menumpuk karena bisa mengakibatkan telinga infeksi

Cara membersihkan earbuds, jangan biarkan kotoran menumpuk karena bisa mengakibatkan telinga infeksi

Techno.id - Sudah menjadi kelaziman bagi sebagian orang saat mendengarkan musik menggunakan True Wireless Stereo (TWS) atau earbuds. Namun penggunaan earbuds dalam waktu yang lama dapat membuat perangkat kotor.

Bahkan tidak jarang kotoran yang menempel sudah lengket yang disebabkan kotoran telinga, debu, atau minyak. Jika dibiarkan menumpuk, perangkat tersebut bisa menyebabkan saluran telinga berisiko karena mengalami infeksi.

Karena itu, membersihkan earbuds secara berkala sangat penting. Untuk membersihkannya juga bukan hanya earbuds semata tetapi termasuk casing-nya. Namun sebelum kamu membersihkannya, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada perangkat.

Berikut daftar hal-hal yang tidak boleh dilakukan

Cara membersihkan earbuds, jangan biarkan kotoran menumpuk karena bisa mengakibatkan telinga infeksi foto: techno.id/yani andriyansyah

1. Jangan pernah merendam atau menjalankan bagian mana pun dari perangkat di dalam air.

2. Jangan gunakan benda tajam atau bahan abrasif untuk membersihkan earbuds.

3. Jangan gunakan lap disinfektan pada area jaring speaker. Tidak masalah untuk menggunakannya dengan hati-hati pada permukaan luar.

4. Jangan pernah memasukkan apa pun ke dalam port pengisian daya, karena dapat merusak kontak pengisian daya yang terbuat dari logam.

Barang pembersih

Untuk membersihkan earbuds dibutuhkan sejumlah barang di antaranya kapas kering, kain lembut bebas serat seperti kain mikrofiber dan sebotol isopropil alkohol alias alkohol 70 persen.

(brl/red)