Intel mengungkapkan persyaratan perangkat Microsoft untuk PC AI generasi berikutnya

Intel mengungkapkan persyaratan perangkat Microsoft untuk PC AI generasi berikutnya

Techno.id - Windows 11 24H2 dikabarkan akan menyertakan fitur AI di masa mendatang melalui asisten Copilot Microsoft. Sayangnya belum banyak informasi konkret dari Microsoft tentang rencananya untuk AI di Windows ini.

Namun, Intel baru saja mengungkapkan beberapa persyaratan dasar dari Microsoft bagi OEM untuk membangun PC AI. Seperti dilaporkan The Verge, persyaratan sistem yang disebutkan untuk PC Windows agar bisa diklasifikasikan sebagai PC AI termasuk chipset Core Ultra, CPU dan GPU terbaru, akses ke Copilot, dan-yang mengejutkan, tombol copilot khusus pada keyboard.

Intel mengungkapkan persyaratan perangkat Microsoft untuk PC AI generasi berikutnya foto: intel

Kepala Ekosistem PC di Intel, Todd Lewellen mengatakan bahwa dari perspektif Intel, PC AI harus memiliki Core Ultra dan memiliki NPU terintegrasi karena membuka semua jenis kemampuan dan fungsi baru di ruang AI.

Jadi Intel yakin bahwa laptop yang dilengkapi dengan chip Core Ultra baru Intel dan NPU terintegrasi adalah PC AI, terlepas dari apakah mereka memiliki kunci Microsoft Copilot khusus. Tetapi definisi Microsoft akan mengatakan bahwa laptop ini bukan PC AI.

Intel mengungkapkan persyaratan perangkat Microsoft untuk PC AI generasi berikutnya foto: intel

Dalam laporan The Verge disebutkan PC AI generasi berikutnya mungkin membutuhkan 40 TOPS kinerja NPU untuk mengklasifikasikannya. Persyaratan 40 TOPS ini akan memungkinkan banyak kapabilitas utama Copilot berjalan secara lokal (bukan di cloud), yang akan menghasilkan latensi yang lebih rendah, kinerja yang lebih baik, dan manfaat privasi.

Namun, banyak NPU saat ini yang tidak memenuhi persyaratan 40 TOPS tersebut. Intel mengatakan produk generasi berikutnya akan berada dalam kategori 40 TOPS itu, tetapi chip Meteor Lake saat ini hanya menawarkan hingga 10 PUNCAK untuk NPU.

(brl/red)