Cara mudah dan anti ribet memperbarui aplikasi Windows 11, gunakan opsi pembaruan bawaan

Cara mudah dan anti ribet memperbarui aplikasi Windows 11, gunakan opsi pembaruan bawaan

Techno.id - Memperbarui aplikasi yang kamu instal di perangkat komputer itu penting. Windows 11 membuatnya sangat mudah untuk memperbarui aplikasi Microsoft Store dan non-Microsoft Store. Begini cara menggunakan metode grafis, serta metode baris perintah untuk memperbarui aplikasi kamu di Windows 11.

Cara memperbarui aplikasi Microsoft Store

Jika aplikasi kamu diunduh dari Microsoft Store, kamu dapat memperbaruinya satu per satu atau sekaligus menggunakan aplikasi Store. Untuk melakukannya, buka Menu Mulai, cari Microsoft Store, dan luncurkan.

Cara mudah dan anti ribet memperbarui aplikasi Windows 11, gunakan opsi pembaruan bawaan   foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Di bilah sisi kiri Store, pilih Perpustakaan.

2. Di halaman Perpustakaan, di bagian Pembaruan dan Unduhan, kamu akan menemukan aplikasi yang akan diperbarui.

3. Untuk memperbarui aplikasi tertentu, di samping nama aplikasi tersebut, klik tombol Perbarui. Untuk memperbarui semua aplikasi sekaligus, di bagian atas halaman, klik tombol Perbarui Semua.

4. Tunggu Microsoft Store mengunduh dan menginstal pembaruan untuk aplikasi kamu. Setelah selesai, kamu dapat meluncurkan aplikasi.

Cara mengaktifkan pembaruan otomatis Microsoft Store

Microsoft Store dapat memperbarui aplikasi secara otomatis. Untuk mengaktifkan opsi itu, di sudut kanan atas Microsoft Store, klik ikon profil dan pilih Pengaturan.

1. Di Pengaturan, aktifkan opsi Pembaruan Aplikasi.

2. Di masa mendatang, untuk mencegah Microsoft Storeb memperbarui aplikasi secara otomatis, matikan opsi Pembaruan Aplikasi. Disarankan agar opsi tetap diaktifkan, tetapi jika kamu menggunakan koneksi terukur, kamu mungkin tidak ingin Microsoft Store menggunakan begitu banyak data internet.

Cara memperbarui aplikasi non-Microsoft Store

Cara mudah dan anti ribet memperbarui aplikasi Windows 11, gunakan opsi pembaruan bawaan   foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk memperbarui aplikasi yang tidak berasal dari Microsoft Store, gunakan opsi di dalam aplikasi atau kunjungi situs pengembang aplikasi.

Banyak aplikasi, seperti VLC Media Player dan Spotify, menawarkan opsi di dalam aplikasi untuk mengunduh dan menginstal pembaruan aplikasi yang tersedia. Misalnya, di VLC, kamu dapat memilih Bantuan > Periksa Pembaruan di bilah menu untuk menemukan, mengunduh, dan menginstal pembaruan terbaru.

Demikian pula, di Spotify, kamu dapat memilih Bantuan > Tentang Spotify dan memilih Klik Di Sini untuk Mengunduh jika pembaruan tersedia.

Beberapa aplikasi, seperti 7-Zip, tidak menawarkan opsi pembaruan di aplikasi. Dalam kasus ini, kamu harus mengunjungi situs pengembang aplikasi, mengunduh penginstal aplikasi terbaru, dan menjalankan penginstal untuk mengganti versi aplikasi saat ini dengan yang terbaru. Ini akan memperbarui aplikasi kamu.

Cara memperbarui aplikasi menggunakan command prompt

Cara mudah dan anti ribet memperbarui aplikasi Windows 11, gunakan opsi pembaruan bawaan   foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu lebih memilih metode baris perintah daripada metode grafis, gunakan perintah winget (Windows Package Manager) di Command Prompt untuk memperbarui aplikasi. Perintah ini memungkinkan kamu memperbarui aplikasi satu per satu atau semuanya sekaligus.

1. Untuk menggunakannya, buka Menu Start, cari Command Prompt, dan pilih Run as Administrator.

2. Pada prompt Kontrol Akun Pengguna (UAC), pilih Ya.

3. Untuk membuat daftar aplikasi yang akan diperbarui, ketik perintah winget upgrade dan tekan Enter.

4. Kamu akan melihat aplikasi yang diinstal, versinya saat ini, dan versi terbaru yang dapat kamu perbarui.

5. Untuk memperbarui aplikasi tertentu, jalankan perintah winget upgrade AppName. Ganti AppName dengan nama aplikasi. Pastikan untuk menyertakan nama aplikasi dalam tanda kutip ganda.

6. Perintah akan mulai memperbarui aplikasi yang ditentukan. Kamu akan melihat kemajuan langsung di jendela CMD. Ini akan memberi tahu kamu saat aplikasi diperbarui.

7. Jika kamu ingin memperbarui semua aplikasi sekaligus, gunakan perintah winget upgrade -h -all. Parameter h memberi tahu perintah untuk tidak menampilkan kemajuan pembaruan setiap aplikasi tetapi menampilkan hasil akhirnya. Sementara parameter all memastikan semua aplikasi disertakan. Setelah aplikasi diperbarui, perintah tersebut akan memberi tahu kamu.

(brl/red)