Cara menyesuaikan resolusi layar laptop Windows 11, 10, dan 7, mudah dan praktis

Cara menyesuaikan resolusi layar laptop Windows 11, 10, dan 7, mudah dan praktis

Techno.id - Resolusi layar pada laptop berperan penting dalam menentukan kualitas tampilan visual. Nah untuk beberapa laptop memiliki nilai resolusi yang beragam mulai dari HD (720p) hingga UHD (4K). Semakin banyak pixel, maka tampilan akan semakin tajam.

Namun, perlu diingat bahwa densitas pixel juga memengaruhi kualitas gambar. Layar HD pada ukuran yang lebih kecil mungkin tampak lebih baik daripada pada ukuran yang lebih besar.

Selain resolusi, ukuran layar dan kepadatan pixel (PPI) juga memengaruhi kualitas tampilan. Semakin tinggi PPI, semakin halus gambar yang akan ditampilkan di layar. Jadi, saat memilih laptop, pertimbangkan baik resolusi maupun ukuran layarnya untuk mendapatkan pengalaman visual yang optimal.

Nah perangkat Windows menyertakan pengaturan resolusi layar. Selain banyak opsi personalisasi perangkat lainnya, resolusi layar dapat disesuaikan pada PC Windows. Menyesuaikan resolusi layar pada perangkat Windows lebih mudah dari yang kamu kira.

Yang diperlukan hanyalah menggunakan menu Pengaturan atau Panel Kontrol, tergantung pada versi Windows yang dijalankan. Berikut cara menyesuaikan resolusi layar untuk perangkat Windows 11, Windows 10, dan Windows 7.

1. Windows 11

Cara menyesuaikan resolusi layar laptop Windows 11, 10, dan 7, mudah dan praktis foto: wallpapercave

1. Navigasikan ke aplikasi Pengaturan Windows 11.

2. Klik Tampilan.

3. Klik pada tampilan yang ingin kamu ubah resolusi layarnya. Layar akan diberi label sebagai "1" atau "2" jika kamu memiliki beberapa layar yang terhubung. Jika kamu tidak memiliki beberapa layar yang terhubung, lanjutkan ke langkah 4.

4. Di bagian Skala dan Tata Letak, klik Resolusi Tampilan. Pilih resolusi lalu klik Simpan perubahan.

2. Windows 10

Cara menyesuaikan resolusi layar laptop Windows 11, 10, dan 7, mudah dan praktis foto: wallpapercave

1. Navigasikan ke aplikasi Pengaturan Windows 10.

2. Di menu aplikasi Pengaturan, pilih Sistem. Kemudian pilih Tampilan.

3. Gulir ke bawah ke bagian berlabel Skala dan Tata Letak.

4. Klik menu tarik-turun di dalam subbagian Resolusi Tampilan. Pilih resolusi yang kamu inginkan dari menu tarik-turun.

5. Di kotak dialog yang muncul, konfirmasikan pilihan kamu dengan mengklik Simpan Perubahan. Perubahan resolusi harus segera terlihat.

3. Windows 7

Cara menyesuaikan resolusi layar laptop Windows 11, 10, dan 7, mudah dan praktis foto: wallpapercave

1. Buka Panel Kontrol.

2. Di dalam bagian berlabel Tampilan dan Personalisasi, pilih Sesuaikan Resolusi Layar.

3. Pilih menu tarik-turun di dekat Resolusi, lalu seret penggeser ke resolusi yang kamu inginkan. Pilih Terapkan.

4. Untuk mengonfirmasi perubahan kamu, pilih Simpan. Jika kamu berubah pikiran dan lebih suka mempertahankan resolusi lama, pilih Kembalikan.

Sebagai catatan, Microsoft mengakhiri dukungan untuk Windows 7 pada 14 Januari 2020. Jika kamu masih menjalankan Windows 7 dan kamu dapat melakukannya, disarankan untuk memutakhirkan perangkat kamu ke Windows 10 agar perangkat terus memiliki akses ke pembaruan keamanan penting Microsoft.

(brl/red)