Cara membersihkan laptop agar lebih ngebut dan terasa seperti baru kembali dengan tampilan kinclong

Cara membersihkan laptop agar lebih ngebut dan terasa seperti baru kembali dengan tampilan kinclong

Techno.id - Laptop tidak hanya lebih besar dari ponsel cerdas, tetapi juga memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih banyak. Dengan kombinasi tampilan aplikasi di layar dan besarnya kapasitas penyimpanan di hard drive, seringkali membuat pengguna merasa bebas menyimpan apapun di dalamnya mulai dari desktop file, folder, pintasan aplikasi.

Selain itu, karena laptop sering digunakan untuk hiburan dan pekerjaan, pada akhirnya dapat membuat laptop penuh dengan berbagai file yang pada akhirnya membuat perangkat semakin lambat. Apalagi jika si pengguna jarang melakukan pembersihan terhadap file-file sementara yang menumpuk, maka bisa dipastikan performa laptop semakin menurun.

Karena itu ketika perangkat kamu baik Mac atau Windows sudah terkesan lemot, sudah waktunya melakukan pembersihan mulai dari menonaktifkan atau menghapus aplikasi yang jarang digunakan, menghapus foto-foto atau video yang tidak kamu perlukan lagi.

Terakhir tentu saja membersihkan bagian fisik laptop mulai dari layar dan keyboard agar terlihat seperti baru lagi. Berikut beberapa tips dan trik untuk membersihkan laptop, mulai dari mengosongkan penyimpanan, hingga menghilangkan debu.

Laptop modern Windows dan Mac biasanya menawarkan cara bawaan untuk memindahkan file dan foto ke cloud untuk memberi lebih banyak ruang pada komputer. Tetapi aplikasi yang diinstal, pencopot pemasangan, dan file pendukungnya adalah cerita yang berbeda.

1. Cara menghapus aplikasi dari laptop

Cara membersihkan laptop agar lebih ngebut dan terasa seperti baru kembali dengan tampilan kinclong foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Bergantung pada apakah kamu memiliki Mac atau PC Windows, proses mencopot dan menghapus aplikasi akan berbeda. Untuk memulai, pertimbangkan aplikasi mana yang tidak sering kamu gunakan dan tidak perlu disimpan untuk keadaan darurat kerja sekali dalam satu bulan. Setelah kamu memiliki daftar aplikasi yang ingin dihapus, kamu dapat memulai.

Mac

Aplikasi yang paling mudah dihapus adalah yang telah kamu unduh dari Mac App Store

1. Buka Launchpad dengan menekan tombol Launchpad (terlihat seperti dua baris kotak) atau membuka Spotlight (command + space bar) dan ketik "Launchpad.

2. Temukan aplikasi yang ingin kamu hapus (dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas jika lebih cepat).

3. Klik lama pada aplikasi hingga "x" kecil muncul di sudut kiri atas ikon aplikasi.

4. Klik pada "x" dan aplikasi akan dihapus.

Namun meski sebuah aplikasi muncul di Launchpad, aplikasi tersebut mungkin tidak dapat dihapus. Untuk aplikasi yang telah kamu unduh dari web atau diinstal dari disk, ada tiga opsi untuk melakukannya.

1. Cari Pencari untuk "nama aplikasi kamu" dan "pencopot pemasangan." Beberapa aplikasi diinstal bersama alat pencopot pemasangan. Kamu harus menghapusnya. Kamu cukup menjalankan program uninstaller untuk menghapus aplikasi dan file serta folder apa pun yang mungkin dibuat aplikasi saat kamu menggunakannya.

2. Kamu juga dapat membuka folder Aplikasi di Finder dan menyeret aplikasi ke Sampah, atau klik kanan ikon aplikasi, lalu klik Pindah ke Sampah. Namun opsi ini tidak akan langsung menghapus aplikasi, tetapi akan menghapus Sampah setelah dikosongkan.

3. Gunakan alat pembersih Mac seperti CleanMyMac X. Alat ini memudahkan untuk memilih aplikasi dan file yang akan dihapus, serta dapat memindai dan menghapus malware yang mungkin tidak kamu ketahui di komputer. Aplikasi semacam ini membutuhkan biaya (terkadang bulanan) tetapi biasanya ada versi gratis atau uji coba yang dapat kamu coba.

PC Windows

Ada beberapa metode berbeda untuk menghapus aplikasi tergantung pada berapa banyak yang ingin kamu hapus sekaligus. Metode paling sederhana yang dapat kamu lakukan langsung dari Pengaturan.

1. Klik Start (ikon Windows) lalu klik Pengaturan (ikon roda gigi).

2. Klik menu Navigasi (tiga garis horizontal) di kiri atas aplikasi Pengaturan, lalu klik Aplikasi.

3. Pilih Aplikasi yang diinstal.

4. Temukan aplikasi yang ingin kamu hapus dengan mengurutkan daftar aplikasi. Kamu dapat mengurutkan berdasarkan tanggal atau mencari di bilah pencarian.

5. Klik menu tiga titik di sisi kanan setiap daftar aplikasi, lalu klik Copot Pemasangan.

Kamu juga dapat menggunakan Panel Kontrol Windows yang lebih lama, tetapi masih dapat digunakan. Ini sangat berguna jika kamu menjalankan versi Windows yang lebih lama yang tidak memberi kamu akses mudah ke Pengaturan seperti yang dilakukan Windows 10 dan 11.

1. Temukan dan buka aplikasi Panel Kontrol menggunakan menu Start.

2. Di bawah bagian Program, klik "Copot pemasangan program."

3. Urutkan aplikasi dan klik dua kali aplikasi yang ingin kamu copot pemasangannya.

4. Ikuti petunjuk di layar untuk menghapus aplikasi.

Alat pembersih khusus juga tersedia untuk Windows, dan seperti halnya Mac, biasanya memerlukan biaya kecuali kamu bersedia menggunakan versi yang lebih terbatas atau uji coba.

2. Cara menghapus foto dan video dari laptop

Cara membersihkan laptop agar lebih ngebut dan terasa seperti baru kembali dengan tampilan kinclong foto: freepik/rawpixel.com

Selain aplikasi, foto, dan video pasti menjadi item yang paling banyak menghabiskan ruang di hard drive laptop. Jika kamu belum menggunakan layanan cloud untuk menyimpannya, gunakan Google Foto, iCloud, atau OneDrive untuk mencadangkannya sebelum menghapus sesuatu.

Mac

Cara paling mudah untuk menghapus foto dan video adalah melalui aplikasi Foto

1. Buka aplikasi Foto (ikon bunga abstrak) dengan mengkliknya di Dock atau menariknya ke atas dengan Spotlight (command + space).

2. Urutkan foto berdasarkan kapan kamu mengambilnya, di mana foto itu diambil, atau siapa yang ada di dalamnya. Atau, kamu dapat membuka menu Lihat, lalu Foto, lalu Duplikat untuk hanya melihat foto dan video yang memiliki banyak salinannya.

3. Klik atau kontrol-klik pada satu foto/video atau beberapa untuk memilihnya.

4. Klik kanan pada foto atau video yang dipilih yang ingin kamu hapus, lalu pilih Hapus.

Opsi terebut masih merupakan proses yang sangat manual dan tidak memperhitungkan file gambar atau video lain yang kamu miliki di laptop. Untuk mengambil semua file gambar dan video di laptop, kamu harus menggunakan Finder.

1. Buka Finder.

2. Buka menu File lalu klik Folder Pintar Baru.

3. Klik ikon "+".

4. Setel menu tarik-turun kedua (defaultnya Apa Saja) ke Gambar.

5. Ini akan membuat folder berisi semua gambar di laptop. Kamu bisa mengurutkannya berdasarkan jenis file yang dapat kamu gunakan untuk menghapus file gambar yang terlewatkan oleh proses Foto.

Kamu dapat melakukan hal yang sama dan memilih Film daripada Gambar untuk mendapatkan Folder Pintar dari semua file video di laptop di satu tempat sehingga lebih mudah untuk dihapus.

PC Windows

Kamu bisa menggunakan aplikasi Foto Windows.

1. Buka aplikasi Foto menggunakan menu Start.

2. Menggunakan menu Filter di kanan atas aplikasi, urutkan foto atau video.

3. Klik pada satu file atau kontrol-klik untuk memilih beberapa foto atau video.

4. Klik kanan lalu pilih Hapus untuk menghapus foto atau video.

Gunakan File Explorer untuk memperoleh sisa file gambar dan video yang mungkin kamu lewatkan di app Foto.

1. Buka File Explorer menggunakan menu Start.

2. Klik pada folder Gambar dari bilah sisi.

3. Buka folder individual yang bersisi gambar tersimpan, tangkapan layar, dan lain asbagainya untuk menemukan gambar lain yang mungkin kamu lewatkan.

4. Pilih beberapa dengan klik kontrol atau klik kanan pada file individual dan pilih Hapus untuk menghapusnya.

Kamu dapat melakukan hal yang sama dengan menukar folder Movies dengan folder Pictures untuk menemukan dan menghapus file video yang masih ada di hard drive.

(brl/red)