4 Cara membersihkan layar TV, monitor, atau laptop dengan benar

4 Cara membersihkan layar TV, monitor, atau laptop dengan benar

Techno.id - Saat ini, sebagian besar orang akan menatap layar setiap harinya, baik itu televisi, laptop, atau smartphone. Beberapa perangkat ini mereka gunakan mulai untuk urusan pekerjaan, sumber informasi, hingga hiburan.

Karena seringnya digunakan, bisa dipastikan layar tersebut akan kotor. Apa pun sumber kotorannya, noda dan partikel ini bisa sangat mengganggu ketika kamu menonton konten favorit atau bermain game. Selain itu, kotoran tersebut juga bisa menyebabkan bakteri. Artinya, layar perangkat kamu bisa menjadi tempat berkembangbiak bakteri.

Tentu saja layar yang kotor akan mengganggu pengalaman kamu menggunakan berbagai perangkat tersebut. Karena itu, sudah saatnya kamu membersihkannya. Nah membersihkan layar perangkat dengan benar sangat penting.

4 Cara membersihkan layar TV, monitor, atau laptop dengan benar foto: freepik

Membersihkan layar mungkin tampak mudah, tetapi untuk mendapatkan hasil terbaik dan aman, sebaiknya lakukan beberapa metode yang Techno.id sajikan di bawah ini.

Namun sebelum melakukannya, kamu memerlukan beberapa barang yang dibutuhkan. Jangan berpikir yang rumit. Peralatan yang dijelaskan dalam artikel ini sebagian besar merupakan barang-barang rumah tangga biasa.

1. Kain bebas serat apa pun, seperti serat mikro, lebih disukai tiga kain berbeda.

2. Air bersih.

3. Opsional, sabun cuci piring tanpa pewangi, Sebab pewangi biasanya menggunakan bahan kimia tertentu, jadi hindari sabun beraroma.

4. Opsional, sikat yang sangat lembut. Bisa juga sikat gigi bayi.

Setelah kamu siapkan peralatan yang dibutuhkan, begini cara membersihkan layar perangkat digital yang harus dilakukan.

1. Gunakan kain bebas serat untuk menghilangkan debu dan kotoran

4 Cara membersihkan layar TV, monitor, atau laptop dengan benar foto: freepik/albertyurolaits

Langkah terpenting untuk memastikan tidak ada goresan pada layar adalah menghilangkan debu dan kotoran. Ini adalah yang paling berbahaya bagi tampilan, karena sebutir pasir pun saat ditekan dan dipindahkan akan dengan mudah meninggalkan bekas yang tidak sedap pada panel yang rapuh. Jadi, mulailah dengan mengambil kain yang tidak berbulu dan bersihkan layar dengan sangat lembut.

Kamu juga dapat menggunakan sikat yang sangat lembut untuk menangkap semua partikel tanpa membuat layar tergores. Usap dengan lembut dan jangan menekan sama sekali. Bersihkan saja debunya.

Saat mempertimbangkan kain bebas serat terbaik, terutama untuk membersihkan permukaan halus seperti layar, penting untuk mencari bahan yang lembut, tidak abrasif, dan efektif menghilangkan debu dan noda tanpa meninggalkan residu.

2. Basahi kain bebas serat dengan air bersih

4 Cara membersihkan layar TV, monitor, atau laptop dengan benar foto: freepik/andranik,h90

Saat tidak ada lagi kotoran di layar, inilah saatnya untuk melanjutkan membersihkan semua noda. Kali ini kamu membutuhkan sesuatu yang lembab untuk menghilangkan residunya, jadi di situlah air bersih berperan.

Gunakan kain bebas serat kedua, Jangan gunakan kain dari langkah sebelumnya, karena mungkin ada beberapa partikel yang menempel di seratnya, sehingga layar mudah tergores. Celupkan ke dalam air bersih dan basahi kain sedikit.

Dengan kain lembab ini, bersihkan layar secara menyeluruh. Sebaiknya lakukan dalam dua bagian, pertama-tama menyeka layar, bergerak secara horizontal, dan sekali lagi dengan sapuan vertikal, memutar kain pembersih ke sisi lain di antaranya.

Ketahuilah bahwa layar seharusnya hanya sedikit lembab, tidak ada tetesan air yang mengalir ke perangkat. Jika ada, segera bersihkan dan peras air dari kain.

Langkah opsional, cobalah sedikit sabun cuci piring

Terkadang menyeka layar hanya dengan kain lembab mungkin tidak cukup. Jika kamu menemukan noda yang sangat berminyak atau noda yang sulit dihilangkan, ada satu hal lagi yang harus dicoba. Kamu dapat mencampur sedikit sabun cuci piring dengan air bersih hangat.

Ingatlah untuk menggunakan sabun tanpa pewangi. Karena layar dilapisi dengan lapisan pelindung yang mungkin bereaksi buruk terhadap senyawa yang tidak perlu. Tekan dengan lembut selama beberapa waktu dan coba gosok setelah beberapa saat untuk menghilangkan kotoran yang mengandung minyak tersebut.

(brl/red)