Cara memperbaiki touchpad laptop Windows dan Mac yang tidak berfungsi

Cara memperbaiki touchpad laptop Windows dan Mac yang tidak berfungsi

Techno.id - Mouse merupakan salah satu perangkat yang sangat membantu pekerjaan saat kamu menggunakan laptop. Saat ini semakin banyak orang membawa mouse nirkabel (wireless) saat bepergian.

Namun bagaimana jika kamu lupa membawanya? Biasanya kamu akan mengandalkan panel sentuh (touchpad) yang terdapat di laptop. Hanya saja, untuk sebagian orang menggunakan touchpad dirasa kurang nyaman dan efisien untuk membantu pekerjaan. Meski begitu, touchpad tetap menjadi bagian penting di dalam laptop.

Sebagian orang beranggapan touchpad terintegrasi ke dalam bodi laptop, namun secara teknis sebenarnya touchpad merupakan perangkat terpisah. Karena itu sebaiknya touchpad tersebut juga harus dalam kondisi prima. Sebab jika perangkat tersebut rusak mungkin bakal menyulitkan kamu saat tidak membawa mouse.

Berikut cara memperbaiki touchpad yang tidak berfungsi baik di laptop Windows maupun Mac yang dirangkum techno.id dari berbagai sumber.

Memperbaiki touchpad pada laptop Windows

Cara memperbaiki touchpad laptop Windows dan Mac yang tidak berfungsi foto: freepik.com/geargodz

Berbicara tentang touchpad laptop Windows yang tidak berfungsi, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah driver. Untuk memperbaikinya ada dua opsi yang bisa dicoba.

Pertama, cobalah pembaruan driver. Jika ada masalah dengan driver, maka pembaruan dapat mengatasinya. Perhatikan bahwa proses ini sama untuk Windows 10 dan Windows 11:

1. Ketik Device Manager di bilah pencarian menu Start.

2. Buka Device Manager.

3. Perluas tab Human Interface Devices. Atau, perluas tab Mouse dan perangkat penunjuk lainnya.

4. Temukan trackpad kamu di daftar.

5. Klik kanan pada trackpad dan klik Update driver.

Kedua, wizard pembaruan akan secara otomatis memeriksa pembaruan driver dan, jika tersedia akan langsung menginstalnya. Jika masalahnya lebih parah, kamu mungkin perlu melakukan penginstalan driver yang baru.

1. Ketik Device Manager di bilah pencarian menu Start.

2. Buka Device Manager.

3. Perluas tab Human Interface Devices atau Mouse dan perangkat penunjuk lainnya.

4. Temukan trackpad kamu pada daftar.

5. Klik kanan pada trackpad kamu dan klik Copot pemasangan perangkat.

6. Konfirmasikan pencopotan pemasangan.

7. Nyalakan ulang PC kamu.

Saat kamu memulai ulang, Windows akan secara otomatis mendeteksi driver yang hilang dan menginstalnya kembali, mudah-mudahan menyelesaikan masalah touchpad dalam prosesnya.

(brl/red)