Cara menggunakan Emergency Restart di perangkat Windows 11 yang crash

Cara menggunakan Emergency Restart di perangkat Windows 11 yang crash

Techno.id - Kamu mungkin pernah mengalami situasi di mana game atau aplikasi yang sedang kamu buka di laptop atau PC berhenti merespons. Hal semacam ini juga dapat terjadi pada sistem operasi Windows 11. Artinya, bukan berarti crash dan macet tidak pernah terjadi di Windows 11.

Nah biasanya jika dalam kondisi seperti ini, salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan membuka Task Manager (menggunakan Ctrl + Shift + Esc) untuk mengakhiri proses yang menyebabkan masalah.

Tapi jika perangkat kamu belum sepenuhnya macet, alternatif lain adalah mencoba mengakses Power Options dari layar dengan cara menekan Ctrl + Alt + Del secara bersamaan. Langkah ini akan mengirimkan sinyal interupsi sistem.

Di layar akan tampil berbagai opsi termasuk kemampuan untuk mematikan atau menghidupkan ulang komputer. Nah mematikan atau menghidupkan ulang Windows secara normal mungkin memerlukan waktu lebih lama karena sistem operasi akan masuk ke layar Restart dan sebagainya.

Cara ini mungkin tidak berfungsi sama sekali, jika sistem benar-benar telah membeku (freeze). Namun di Windows 11 ada opsi emergency restart yang membuat tugas tersebut lebih mudah dan lebih cepat, hanya membutuhkan beberapa klik. Opsi ini agak tersembunyi, jadi mungkin saja kamu tidak menyadarinya. Lantas bagaimana cara menggunakannya?

(brl/red)