Cara membuka dan membersihkan konsol PS5 dengan benar

Cara membuka dan membersihkan konsol PS5 dengan benar

Techno.id - Setiap gamer bisa dipastikan sangat suka jika bermain game di Playstation 5. Beragam game yang dibenamkan di dalamnya terkadang membuat gamer lupa diri.

Tidak jarang mereka bermain game sesi marathon. Apalagi jika bermain bareng dengan teman. Namun masalahnya jika menggunakan PS5 dalam waktu cukup lama maka dapat menyebabkan penumpukan kotoran yang serius di dalamnya. Debu, kotoran, remah-remah makanan ringan bisa saja menumpuk di dalam konsol PS5.

Tentu saja penumpukan kotoran ini bisa menjadi masalah serius bagi perangkat kamu jika tidak segera dibersihkan. Salah satunya, dapat menyebabkan panas berlebih karena kotoran tersebut menghalangi kipas dan ventilasi. Akibatnya dapat mengurangi kinerja perangkat secara keseluruhan karena debu dan kotoran menumpuk di heat sink dan pasta termal.

Ketika bagian dalam PS5 penuh dengan debu, konsol mungkin juga tidak lagi beroperasi pada kinerja puncak, menyebabkan konsol melambat atau macet selama bermain game. Karena itu membersihkan konsol secara teratur sangat penting.

Berikut cara cara membuka dan membersihkan konsol PS5 dengan benar. Namun sebelum langkah tersebut dilakukan, hal penting yang juga perlu dicatat, membongkar PS5 dapat membatalkan garansi dari produsen.

Membuka konsol PS5

Membersihkan PS5 lebih dari sekadar mengelap bagian luarnya. Tentu saja, cara itu membuatnya terlihat rapi, tetapi ancaman nyata terhadap kinerjanya berasal dari penumpukan debu. Untuk membersihkan PS5 dengan benar, kamu harus membukanya. Begini cara melakukannya.

Cara membuka dan membersihkan konsol PS5 dengan benar foto: playstation

1. Letakkan PS5 pada sisinya sehingga kamu dapat melihat bagian dasarnya.

2. Gunakan obeng pipih dan gunakan dengan hati-hati untuk melepaskan dudukan dari badan utama konsol jika ada.

3. Sekarang, saatnya melepas panel putih di kedua sisi konsol. Angkat sudut belakang setiap panel dan geser perlahan.

4. Dengan panel-panel tersebut, kamu akan melihat sirip-sirip udara masuk dan keluar yang melengkung di sudut atas PS5. Ambil sikat kecil dan bersihkan bagian atas dan celah-celah bagian dalam sirip-sirip tersebut. Kemudian, gunakan udara kalengan bertekanan untuk meniup debu dan kotoran yang menumpuk secara menyeluruh.

5. Setelah dibersihkan, kamu dapat dengan mudah melepas sirip intake di sisi tempat kipas berada. Gunakan tangan untuk mencungkilnya secara perlahan dari tepinya, dan sirip tersebut akan keluar dengan sendirinya.

6. Selanjutnya, gunakan penyedot debu dengan selang tipis untuk meniup penangkap debu. Kamu membutuhkan selang tipis agar benar-benar bisa masuk untuk meniup semua debu yang mengendap.

(brl/red)