Roblox akan memulai debutnya di PlayStation Oktober mendatang dengan perangkat berbasis AI

Roblox akan memulai debutnya di PlayStation Oktober mendatang dengan perangkat berbasis AI

Techno.id - Perusahaan game Roblox berencana meluncurkan platform dunia digital imersifnya pada perangkat PlayStation milik Sony, Oktober mendatang. Game yang cukup popular ini akan dirilis untuk PS4 dan PS5.

Roblox awalnya dirilis di PC pada tahun 2006, dan kemudian di-porting ke iOS pada tahun 2012 dan Android pada tahun 2014. Platform ini memulai debut konsolnya pada tahun 2015, saat dirilis untuk Xbox One, dan masih dapat dimainkan di Xbox Series X/S. Namun, delapan tahun setelahnya, Roblox belum pernah dirilis di konsol Sony atau Nintendo.

Seperti dilaporkan videogameschronicle, dalam sebuah pernyataanpada Konferensi Pengembang Roblox di San Francisco belum lama ini, pihak Roblox mengumumkan bahwa bulan depan, lebih dari 150 juta pemilik konsol di PlayStation 4 dan PlayStation 5 akan dapat mengakses katalog lengkap pengalaman Roblox.

Roblox akan memulai debutnya di PlayStation Oktober mendatang dengan perangkat berbasis AI foto: techno.id/yani andriyansyah

Selain Roblox versi PlayStation yang baru, perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka juga akan meningkatkan versi Xbox. Aplikasi Xbox yang telah diperbarui hadir dengan tampilan baru, pembaruan dengan akses itur-fitur terbaru, rekomendasi konten yang lebih baik, dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Roblox juga akan membuat aplikasinya tersedia secara penuh di perangkat mixed reality Meta's Quest bulan ini setelah meluncurkan versi uji coba pada Juli lalu. Versi tersebut diunduh lebih dari satu juta kali dalam waktu lima hari.

Ekspansi ini merupakan bagian dari rencana untuk membuat Roblox tersedia di semua perangkat dan platform, termasuk perangkat selular, desktop, dan augmented reality dan virtual reality (AR/VR).

Roblox akan memulai debutnya di PlayStation Oktober mendatang dengan perangkat berbasis AI foto: wallpapercave.com/mostafa

Roblox, dengan 66 juta pengguna harian, sebagian besar dari mereka adalah remaja, adalah salah satu layanan game paling popular untuk anak-anak dan diawasi dengan cermat oleh raksasa teknologi seperti Meta saat mereka mencoba menarik pengguna generasi berikutnya.

Bahkan Roblox berencana meluncurkan chatbot pembangun dunia bertenaga AI pada akhir tahun. Alat Roblox baru lainnya yang akan dirilis akhir tahun ini akan memungkinkan pengguna ponsel atau desktop melakukan panggilan suara dengan teman Roblox yang muncul sebagai avatar.

Teknologi yang disebut Connect ini menggunakan kamera perangkat untuk menangkap ekspresi wajah dan gerakan tubuh peserta dan kemudian menampilkannya melalui avatar orang tersebut.

(brl/red)