Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama

6. Menggunakan mode fokus

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: freepik

Pada iOS 16 memperkenalkan mode Fokus, yang memungkinkan kamu menyesuaikan pengaturan notifikasi berdasarkan aktivitas atau waktu tertentu dalam sehari. Menggunakan mode ini dapat membantu mengurangi pengurasan baterai dengan membatasi pemberitahuan yang tidak perlu.

Dengan menggunakan mode Fokus, kamu dapat mengurangi jumlah notifikasi yang masuk sepanjang hari. Hal ini berguna karena lebih sedikit notifikasi berarti lebih sedikit kesempatan bagi aplikasi untuk terus-menerus memberikan notifikasi di layar dan menguras baterai.

Mode fokus memungkinkan kamu memilih aplikasi dan orang yang dapat mengirimi kamu notifikasi pada waktu tertentu. Misalnya, selama jam kerja, kamu hanya dapat menerima notifikasi pekerjaan. Sebliknya, selama waktu pribadi, kamu dapat mematikan notifikasi pekerjaan. Dengan cara ini, kamu dapat menghindari gangguan dari pemberitahuan yang tidak relevan dengan situasi kamu saat ini.

Selain itu, mode Fokus juga memungkinkan kamu membatasi notifikasi saat mengemudi, berolahraga, dan tidur. Dengan menggunakan filter Fokus, kamu dapat memfilter jenis notifikasi tertentu, seperti pesan email, pesan iMessage, dan kalender tertentu. Ini berarti kamu dapat memprioritaskan notifikasi yang paling penting dan menghindari notifikasi yang tidak perlu.

7. Menggunakan ringkasan aplikasi

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: freepik

Fitur Ringkasan Aplikasi memberikan gambaran umum tentang berapa banyak baterai yang digunakan setiap aplikasi. Meninjau ringkasan ini secara teratur dapat membantu kamu mengidentifikasi dan mengatasi aplikasi yang boros baterai.

Jika kamu ingin menghemat daya baterai pada ponsel cerdas atau tablet, ada baiknya kamu melihat notifikasi yang diterima dari berbagai aplikasi. Beberapa aplikasi mungkin mengirimi kamu pemberitahuan yang sebenarnya tidak terlalu penting atau mendesak. Pemberitahuan ini dapat menguras daya tahan baterai secara tidak perlu.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk memindahkan aplikasi-aplikasi ini ke Ringkasan Aplikasi. Fitur ini menyimpan notifikasi dan mengirimkannya kepada kamu sekali atau dua kali sehari. Dengan cara ini, kamu tetap dapat mengetahui notifikasi terbaru, namun tidak perlu khawatir menerima notifikasi yang tidak terlalu penting.

Untuk mengaktifkan Ringkasan Aplikasi, kamu harus mengakses bagian Notifikasi di Pengaturan perangkat. Setelah berada di bagian Notifikasi, kamu dapat memilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke Ringkasan Aplikasi. Dengan demikian, kamu akan dapat menghemat daya baterai dan memastikan bahwa kamu hanya menerima notifikasi yang benar-benar penting.

8. Membatasi aplikasi yang menggunakan Bluetooth

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: freepik

Beberapa aplikasi mungkin menggunakan Bluetooth di latar belakang, yang menyebabkan pengurasan baterai. Membatasi akses aplikasi ini ke Bluetooth dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai.

iPhone memiliki fitur yang memberi tahu kamu setiap kali ada aplikasi yang meminta koneksi Bluetooth. Penting untuk diperhatikan bahwa ada cukup banyak aplikasi yang ingin mengakses Bluetooth untuk berbagai alasan. Seperti melacak lokasi atau mencari perangkat seperti Chromecast. Namun, beberapa alasan ini mungkin tidak berguna.

Untuk memastikan tidak ada aplikasi licik yang terhubung ke sumber Bluetooth tanpa izin kamu dan menguras baterai, ada baiknya memeriksa aplikasi mana yang menggunakan Bluetooth. Kamu dapat melakukannya dengan membuka pengaturan Bluetooth. Buka aplikasi Pengaturan pada iPhone kamu. Klik pada opsi Privasi. Kemudian ketuk opsi Bluetooth.

Perlu dicatat bahwa beberapa aplikasi memerlukan akses Bluetooth hampir sepanjang waktu. Oleh karena itu, lebih baik matikan aplikasi apa pun yang tidak memerlukan koneksi Bluetooth.

9. Pilih wallpaper non animasi

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: freepik

Wallpaper animasi dapat menghabiskan lebih banyak energi daripada gambar statis. Memilih wallpaper non animasi dapat membantu menghemat masa pakai baterai.

Salah satu pilihannya adalah wallpaper Cuaca, yang berubah berdasarkan kondisi cuaca saat ini, memberikan pengalaman yang luar biasa. Pilihan lainnya adalah fitur Photo Shuffle. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih beberapa foto dan berganti-ganti sepanjang hari. Memberikan tampilan baru setiap kali kamu membuka kunci perangkat.

Terakhir, latar belakang astronomi adalah pilihan bagus lainnya. Wallpaper ini berubah berdasarkan kondisi saat ini. Memungkinkan pengguna melihat pemandangan bintang dan planet yang berbeda setiap kali mereka membuka kunci perangkat.

Kesimpulannya, meskipun wallpaper animasi bisa menyenangkan secara estetika, namun penting untuk memilih wallpaper yang tidak menguras baterai secara berlebihan. Wallpaper Cuaca, Acak Foto, dan astronomi adalah pilihan yang bagus untuk dipertimbangkan.

(brl/red)