10 Kebiasaan buruk pengisian daya yang harus kamu hindari untuk melindungi baterai smartphone

10 Kebiasaan buruk pengisian daya yang harus kamu hindari untuk melindungi baterai smartphone

Techno.id - Baterai smartphone adalah bagian penting yang memberi daya pada perangkat dan memungkinkan kamu tetap terhubung, mendapat informasi, dan menikmati hiburan. Namun, banyak dari kita yang tanpa sadar melakukan kebiasaan buruk saat mengisi daya yang dapat merusak baterai dengan memperpendek masa pakai dan mengurangi kinerjanya. Dalam artikel ini, Techno.id membahas 10 kebiasaan buruk mengisi daya yang harus kamu hindari untuk melindungi baterai smartphone.

1. Mengisi daya smartphone semalaman

10 Kebiasaan buruk pengisian daya yang harus kamu hindari untuk melindungi baterai smartphone foto: freepik/jero sennegs

Salah satu kebiasaan pengisian daya yang paling umum adalah membiarkan smartphone kamu mengisi daya semalaman. Meskipun nyaman, praktik ini dapat menyebabkan pengisian daya yang berlebihan. Akibatnya baterai menghasilkan panas berlebihan dan menurun seiring waktu. Sebagai gantinya, isi daya smartphone di siang hari dan lepaskan setelah mencapai 100%.

2. Menggunakan smartphone saat mengisi daya

10 Kebiasaan buruk pengisian daya yang harus kamu hindari untuk melindungi baterai smartphone foto: freepik/fabrikasimf

Menggunakan ponsel saat mengisi daya dapat menyebabkan perangkat menjadi panas dan meningkatkan risiko kerusakan baterai. Untuk menjaga kesehatan baterai yang optimal, hindari bermain game, streaming video, atau melakukan aktivitas berenergi tinggi lainnya saat smartphone terhubung ke pengisi daya.

3. Menunggu baterai benar-benar habis

10 Kebiasaan buruk pengisian daya yang harus kamu hindari untuk melindungi baterai smartphone foto: freepik/e.tisomboon

Membiarkan baterai smartphone benar-benar habis sebelum mengisi dayanya tidaklah bermanfaat. Faktanya, baterai lithium ion modern bekerja lebih baik jika diisi daya lebih sering dan dipertahankan dalam kisaran 20% hingga 80%. Pengosongan sebagian membantu mengurangi tekanan pada baterai dan memperpanjang masa pakainya.

4. Menggunakan pengisi daya murah atau tidak bermerek

10 Kebiasaan buruk pengisian daya yang harus kamu hindari untuk melindungi baterai smartphone foto: freepik/aghavni001

Menggunakan pengisi daya yang murah atau tidak bermerek dapat mengorbankan baterai smartphone. Pengisi daya berkualitas rendah mungkin tidak memiliki pengaturan voltase yang tepat atau fitur keamanan, yang menyebabkan pengisian daya berlebihan, terlalu panas, atau lebih buruk lagi. Tetaplah menggunakan pengisi daya dari merek ternama, atau lebih baik lagi, pengisi daya asli yang disertakan dengan perangkat kamu.

5. Mengisi daya smartphone pada suhu ekstrem

10 Kebiasaan buruk pengisian daya yang harus kamu hindari untuk melindungi baterai smartphone foto: freepik/ijeab

Suhu yang ekstrem-baik panas maupun dingin-dapat berdampak negatif pada baterai smartphone. Hindari mengisi daya smartphone di bawah sinar matahari langsung, di dekat sumber panas, atau dalam kondisi beku. Usahakan untuk mengisi daya perangkat di lingkungan yang sejuk dan kering untuk membantu menjaga kinerjanya.

(brl/red)