Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama

Techno.id - Setiap kali pembaruan iOS dirilis, banyak pengguna yang mengalami penurunan daya tahan baterai dengan cepat. Biasanya masalah ini terjadi disebabkan proses latar belakang seperti sinkronisasi yang tidak dapat dikontrol pengguna.

Dalam situasi di mana masa pakai baterai yang lebih lama sangat penting, seperti saat bepergian, penting untuk mengetahui cara mengoptimalkan pengaturan iPhone. Kamu bisa membantu meningkatkan daya tahan baterai tanpa menonaktifkan sebagian besar fitur utama perangkat.

Untuk mengurangi penurunan daya baterai, keseimbangan yang tepat antara mematikan dan menyalakan fitur-fitur tertentu adalah kunci untuk memastikan baterai tahan lebih lama.

Berikut tips dan trik untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone.

1. Menonaktifkan umpan balik sentuhan keyboard

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: freepik/senivpetro

Menonaktifkan umpan balik sentuhan untuk keyboard dapat menghemat masa pakai baterai. Karena hal ini menghilangkan kebutuhan perangkat untuk memberikan getaran atau umpan balik haptic saat mengetik.

Pembaruan iOS 16 atau yang lebih baru, memiliki fitur baru yaitu umpan balik haptic saat menggunakan keyboard di layar. Namun, fitur ini menghabiskan banyak daya baterai. Apple telah menyediakan dokumen dukungan yang menunjukkan bahwa sentuhan keyboard dapat berdampak pada masa pakai baterai.

Penting untuk dicatat bahwa fitur ini tidak diaktifkan secara default. Jika kamu telah mengaktifkannya dan ingin menonaktifkannya, berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu ikuti.

1. Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat.

2. Klik opsi Suara & Haptics.

3. Klik Umpan Balik Keyboard.

4. Kamu dapat menonaktifkan opsi umpan balik Haptic untuk menghemat masa pakai baterai.

2. Matikan aktivitas langsung

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: freepik/grinvalds

Menonaktifkan aktivitas langsung, seperti wallpaper hidup dan konten dinamis lainnya, dapat mengurangi pengurasan pada baterai. Pembaruan iOS 16.1 Apple atau yang terbaru memperkenalkan fitur baru yang disebut Live Activities.

Fitur ini memungkinkan aplikasi untuk menerima notifikasi terus menerus dan diperbarui pada layar kunci atau dynamic island seperti pada iPhone 14 Pro. Namun, jika kamu khawatir menjaga masa pakai baterai, kamu dapat menonaktifkan fitur ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan pada iPhone kamu.

2. Buka bagian ID Wajah & Kode Sandi dan masukkan kode sandi kamu untuk membuka kunci perangkat.

3. Gulir ke bawah hingga kamu melihat opsi untuk Live Activities dan nonaktifkan.

Jika ingin menonaktifkan Live Activities untuk aplikasi tertentu, kamu bisa melakukannya dengan masuk ke pengaturan untuk setiap aplikasi dan mematikan fitur tersebut satu per satu. Perlu dicatat bahwa meskipun kamu dapat menonaktifkan Live Activities, kamu tidak dapat sepenuhnya menonaktifkan Dynamic Island. Namun, kamu dapat menggeser ke kiri pada animasi yang sedang berjalan untuk mematikannya untuk lebih menghemat masa pakai baterai.

3. Menghapus widget layar kunci

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: freepik

Menghapus widget dari layar kunci kamu dapat membantu menghemat masa pakai baterai dengan mengurangi jumlah proses yang berjalan di latar belakang.

Widget adalah fitur yang berguna pada perangkat iOS yang memungkinkan pengguna mengakses informasi dan melakukan tugas dengan cepat tanpa harus membuka aplikasi. Widget ini dapat ditambahkan ke layar kunci dan layar beranda untuk akses yang mudah. Namun, penting untuk dicatat bahwa widget dapat menghabiskan daya baterai. Terutama jika widget tersebut terus diperbarui di latar belakang.

Sebaiknya kamu membuat layar kunci yang tidak berisi widget apa pun. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah di iOS 16 atau yang lebih baru, karena pembaruan sekarang mendukung beberapa layar kunci yang dapat dialihkan dengan mudah. Dengan cara ini, kamu dapat memiliki layar kunci dengan widget saat kamu membutuhkannya dan layar kunci yang lebih ramah baterai saat kamu tidak membutuhkannya.

Penting juga untuk dicatat bahwa widget dapat muncul di layar beranda. Ini adalah fitur yang sudah ada sebelum fitur iOS 16. Namun, menggunakan widget di layar beranda juga dapat menguras baterai. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan widget di layar beranda jika kamu ingin menghemat masa pakai baterai.

4. Mematikan always on display

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: freepik/rawpixel.com

Meskipun fitur always on display dapat membuat nyaman, fitur ini juga menghabiskan daya tahan baterai. Mematikannya dapat membantu menghemat energi.

Fitur ini dirancang untuk menjaga layar selalu menyala, bahkan ketika perangkat dimatikan. Artinya, pengguna masih bisa melihat wallpaper, widget, dan aktivitas langsung di layar kunci tanpa harus membuka kunci perangkat.

5. Jangan gunakan photos library bersama iCloud

Cara membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: freepik

Menggunakan photos library bersama iCloud dapat menyebabkan perangkat terus-menerus melakukan sinkronisasi, sehingga baterai cepat habis. Hindari menggunakan fitur ini jika memungkinkan.

Fitur photos library bersama iCloud adalah fitur iOS 16.1 yang memungkinkan pengguna berbagi photo library hingga lima orang lainnya. Artinya, semua anggota perpustakaan bersama dapat mengunggah, mengedit, dan menghapus foto yang tersimpan di perpustakaan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa menggunakan fitur ini dapat mengakibatkan foto dari anggota lain disinkronkan ke iPhone kamu pada waktu yang tidak tepat, yang dapat menguras daya tahan baterai.

Untuk menghindari masalah ini, kamu dapat menyesuaikan pengaturan untuk hanya mengizinkan sinkronisasi melalui WiFi. Untuk melakukannya, kamu perlu membuka pengaturan iPhone dan gulir ke bawah ke bagian Gambar. Setelah itu ketuk "Data Seluler" dan mematikannya. Ini akan membatasi unggahan dan unduhan hanya pada WiFi, memastikan bahwa foto yang dibagikan kepada kamu tidak akan diunduh ke perangkat kamu ketika kamu hanya memiliki koneksi seluler.

(brl/red)