Cara membersihkan earbud dan ear tips dengan aman, dapat menghindari infeksi pada telinga

Cara membersihkan earbud dan ear tips dengan aman, dapat menghindari infeksi pada telinga

Cara membersihkan earbuds

4 Langkah untuk membersihkan bantalan telinga dan earbud

Cara membersihkan earbud dan ear tips dengan aman, dapat menghindari infeksi pada telinga foto: techno.id/yani andriyansyah

Sebelum mulai membersihkan earbud, ingatlah untuk melepaskannya dari perangkat dan lepaskan dari tempat pengisian daya.

1. Rendam bantalan telinga

Apakah earbud kamu memiliki bantalan telinga busa atau silikon? Kedua bantalan telinga dapat menumpuk kotoran. Untuk membersihkannya, ambil mangkuk berukuran kecil hingga sedang dan campurkan beberapa tetes cairan pencuci piring dengan air hangat.

Kemudian, putar dan tarik ujung bantalan telinga keluar. Rendam dengan lembut di dalam larutan sabun setidaknya selama 30 menit. Jika kotoran membandel, kamu mungkin harus merendam bantalan telinga dalam air hangat lebih lama.

2. Keringkan

Keluarkan bantalan telinga dari larutan dan seka dengan kapas. Biarkan benar-benar kering sebelum kamu menggunakan atau memasangkannya kembali ke earbud.

3. Bersihkan earbud

Jika earbud kamu tampaknya tidak memiliki penumpukan, seka dengan kain mikrofiber. Kamu juga dapat menggunakan alkohol gosok (tisu basah) untuk menyeka bagian plastik keras dari earbud. Pastikan kamu menggunakannya dengan hati-hati, sehingga tidak merusak speaker, lubang mikrofon, atau port pengisian daya.

4. Gunakan blower penghilang debu

Jika kamu melihat sedikit kotoran yang tersangkut di earbud, cara termudah dan tercepat untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan udara kalengan atau blower penghilang debu untuk membersihkan lensa kamera. Setelah itu, lanjutkan dengan menyeka earbud dengan kain mikrofiber kering.

Cara membersihkan casing pengisian daya earbud

Cara membersihkan earbud dan ear tips dengan aman, dapat menghindari infeksi pada telinga foto: techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu merasa earbud nirkabel kamu memiliki daya tahan baterai yang buruk, pastikan untuk membersihkan casing dengan baik. Earbud nirkabel disimpan dalam wadah pengisi daya, yang dapat mengumpulkan kotoran. Jika hal ini terjadi, konektor yang memfasilitasi pengisian daya tidak akan berfungsi dengan baik.

Untuk membersihkan wadah pengisi daya, gunakan kain mikrofiber kering atau kapas. Seka bagian dalam dan luar casing, pastikan juga untuk membersihkan pin dan bantalan logam di dalamnya.

3 Cara menjaga kebersihan earbud

Cara membersihkan earbud dan ear tips dengan aman, dapat menghindari infeksi pada telinga foto: techno.id/yani andriyansyah

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memastikan earbud tetap bersih dan bertahan selama mungkin.

1. Gunakan casing

Saat kamu keluar dari gym atau selesai rapat, luangkan waktu untuk meletakkan kembali earbud ke dalam case atau kantongnya. Melemparkannya ke dalam ransel atau saku dapat menyebabkan earbud terkena banyak debu dan serat.

2. Biarkan kering sebelum dimasukkan ke dalam casing

Sebelum memasukkan earbud ke dalam case, pastikan earbud benar-benar kering. Hal ini untuk mencegah kelembapan, atau penumpukan lengket.

3. Tutup casing pengisian daya saat tidak digunakan

Jika kamu sedang mengisi daya earbud, tutuplah wadahnya. Membiarkannya terbuka akan memungkinkan debu mengendap di earbud atau di bagian dalam wadah pengisi daya.

Kebersihan earbud dan bantalan telinga secara langsung terkait dengan pengalaman mendengarkan dan masa pakai perangkat kamu. Karena itu selalu bersihkan earbud secara berkala.

(brl/red)