Cara membersihkan earbud dan ear tips dengan aman, dapat menghindari infeksi pada telinga

Cara membersihkan earbud dan ear tips dengan aman, dapat menghindari infeksi pada telinga

Techno.id - Earbud saat ini menjadi salah satu wearable gadget yang dibutuhkan sebagian orang. Jika kamu juga termasuk pengguna earbud, berapa kali kamu menggunakannya dalam sehari?

Nah karena sering digunakan, earbud dapat menjadi kotor. Penumpukan debu pada earbud dan bantalan telinga (ear tips) bukan hanya soal estetika, tetapi juga dapat memengaruhi kualitas suara dan menurunkan output volume, dan yang lebih buruk lagi, dapat menyebabkan infeksi telinga. Karena itu, penting untuk membersihkan earbud dan bantalan telinga dengan aman.

Seberapa sering kamu harus membersihkan earbud?

Cara membersihkan earbud dan ear tips dengan aman, dapat menghindari infeksi pada telinga foto: techno.id/yani andriyansyah

Tidak ada aturan yang pasti tentang seberapa sering kamu harus membersihkan earbud dan bantalan telinga. Frekuensinya bervariasi berdasarkan seberapa sering kamu memakai earbud dan aktivitas apa yang kamu lakukan saat memakainya.

Misalnya, jika kamu memakai earbud selama beberapa jam saat bekerja di kantor ber-AC, kamu bisa jarang membersihkannya. Tetapi jika kamu mengenakan earbud nirkabel saat berolahraga, earbud harus lebih sering dibersihkan. Bahkan kamu juga harus membersihkannya secara menyeluruh setiap bulan. Jika kamu mulai melihat adanya penumpukan kotoran, segera bersihkan.

Perlengkapan yang kamu perlukan untuk membersihkan earbud

Cara membersihkan earbud dan ear tips dengan aman, dapat menghindari infeksi pada telinga foto: techno.id/yani andriyansyah

1. Air dengan sedikit cairan pencuci piring (hindari menggunakan sabun tangan atau sabun mandi karena bisa jadi mengandung pelembab tambahan).

2. Mangkuk untuk larutan sabun.

3. Kain mikrofiber dan kapas.

4. Alkohol gosok (tisu basah).

5. Udara kalengan (opsional), bisa juga menggunakan blower penghilang debu untuk membersihkan lensa kamera.

Pastikan tangan kamu bersih sebelum mulai membersihkan earbud. Sebab, kamu pastinya tidak ingin memindahkan lebih banyak kotoran secara tidak sengaja ke earbud.

(brl/red)