Cara melacak laptop yang hilang atau tertinggal, jangan panik dulu

Cara melacak laptop yang hilang atau tertinggal, jangan panik dulu

Techno.id - Laptop merupakan sebuah perangkat yang memiliki banyak fungsi. Tidak hanya bisa digunakan sebagai alat kerja, laptop juga memiliki keunggulan lain sebagai alat bermain game, streaming film, hingga mencari informasi penting melalui bantuan browser. Dengan banyaknya fungsi dan keunggulan pada sebuah laptop, tentu bukan hal aneh jika banyak orang mengidam-idamkan untuk memiliki sebuah laptop.

Laptop perlu dirawatn dan dijaga dengan baik, laptop yang diletakkan di sembarang tempat bisa saja tertinggal atau hilang. Saat perangkat tersebut sudah hilang atau tertinggal, tentu yang demikian ini menjadi masalah serius.

Kamu nggak perlu panik berlebihan jika kehilangan laptop atau tak sengaja meninggalkannya. Pasalnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak lokasi laptop yang hilang atau tertinggal. Beberapa cara yang ada mungkin tidak menjamin akan berhasil sepenuhnya, namun tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan beberapa cara.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (30/11), cara melacak laptop yang hilang atau tertinggal.

Cara melacak laptop yang hilang atau tertinggal

Cara melacak laptop yang hilang atau tertinggal, jangan panik dulu

foto: unsplash.com

Sebelum mengetahui secara detail cara menemukan laptop yang hilang atau tertinggal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, setidaknya perangkat yang dipakai telah menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya atau Find my Device yang bisa diatur pada setiap akun Microsoft pada laptop.

Jika belum melakukan pengaturan pada Find my Device, setidaknya ada aplikasi tambahan yang berfungsi untuk melacak lokasi laptop kamu. Beberapa aplikasi tambahan tentu bisa didownload secara gratis dan berbayar sesuai yang kamu pilih.

Jika kedua syarat tersebut tidak terpenuhi, setidaknya ada satu solusi lain yang bisa kamu gunakan. Solusi tersebut menggunakan Gmail atau Dropbox. Kamu hanya perlu melakukan login pada salah satu atau kedua akun tersebut, jika sudah, maka kamu bisa melakukan pelacakan menggunakan data yang ada. Untuk mulai melacak laptop yang hilang atau tertinggal menggunakan cara yang telah dipaparkan sebelumnya, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Melacak laptop yang hilang atau tertinggal menggunakan Find my Device
Sesuai yang telah dijelaskan sebelumnya, fitur Find my Device bisa kamu gunakan dengan syarat laptop yang kamu miliki sudah menggunakan fitur tersebut. Jika laptop kamu yang hilang sudah mengaktifkan fitur tersebut, kamu bisa simak ulasan berikut untuk mulai melacaknya.

1. Buka https://account.microsoft.com/devices pada perangkat lain yang bisa kamu gunakan.
2. Pilih tab Temukan Perangkat Saya.
3. Kamu bisa memilih laptop kamu yang hilang dengan mengetahui kode nama yang ada.
4. Jika sudah, klik Temukan untuk mulai melihat lokasi terkini laptop kamu yang hilang atau tertinggal.

2. Melacak laptop yang hilang atau tertinggal menggunakan Gmail atau Dropbox

Selain menggunakan Find my Device atau Temukan Perangkat Saya, kamu juga bisa menggunakan layanan dari Gmail atau Dropbox. Cara untuk melacak laptop yang hilang atau tertinggal menggunakan Gmail atau Dropbox pada dasarnya termasuk sederhana. Saat kamu login akun Gmail atau Dropbox pada laptop yang hilang, secara otomatis IP address yang digunakan akan terekam.

Hal ini yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari laptop yang hilang. Kamu hanya perlu login akun Gmail atau Dropbox menggunakan perangkat lain. Maka secara otomatis, IP address yang kamu gunakan akan sama dengan perangkat yang hilang atau tertinggal.

Setelah mendapat IP address dari laptop yang hilang atau tertinggal, kamu bisa melacaknya menggunakan alamat tersebut. Kamu bisa menggunakan beberapa website yang dapat melacak IP address seperti Grabify. Melalui website ini, akan muncul informasi yang bisa kamu gunakan untuk melacak lokasi laptop yang hilang atau tertinggal


(brl/guf)