Cara mudah mengunci WhatsApp dengan sidik jari di smartphone

Cara mudah mengunci WhatsApp dengan sidik jari di smartphone

Techno.id - WhatsApp merupakan platform untuk komunikasi digital yang telah digunakan oleh jutaan penduduk di dunia. Aplikasi yang dikembangkan oleh Meta ini memiliki berbagai fitur menarik, dari mulai chatting, melakukan panggilan video, hingga dapat berkirim file tertentu. Maka tak heran, WhatsApp diandalkan oleh banyak pengguna gadget di muka bumi.

WhatsApp mempunyai sistem interface sederhana. Dengan aplikasi WA, singkatan dari WhatsApp, seseorang dapat melakukan komunikasi secara personal, bisnis, hingga kegiatan belajar mengajar. Bahkan banyak kegiatan pekerjaan yang dapat ditunjang melalui platform WhatsApp ini.

Karena banyaknya aktivitas produktif yang dapat ditunjang oleh WhatsApp, maka tak dapat dipungkiri akan ada banyak file penting di dalamnya. Selain itu, berbagai kontak orang tertentu hingga pesan rahasia dan penting juga bisa tersimpan dalam WhatsApp.

Demi memastikan keamanan privasi penggunanya, pihak Meta selaku pengembang memiliki sistem enkripsi end-to-end. Sistem keamanan tersebut memungkinkan isi pesan maupun file yang dikirim akan berubah menjadi kode rahasia dan rumit untuk dipecahkan. Artinya seorang hacker tak dapat melakukan peretasan di aplikasi WhatsApp.

Selain membekali sistem keamanan enkripsi end-to-end, WhatsApp juga mempunyai sistem keamanan penguncian aplikasi. Artinya jika pengguna mengaktifkan keamanan tersebut, orang lain akan sulit untuk masuk ke dalam aplikasi. Terlebih kode keamanan yang dipakai menggunakan sidik jari.

Layaknya kunci layar di smartphone, WhatsApp dapat mengaplikasikan kunci sidik jari untuk masuk ke dalam aplikasi. Lantas bagaimana cara menerapkannya? Jangan bingung sobat, kali ini techno.id akan memberikan cara mudah mengunci WhatsApp dengan sidik jari di smartphone yang dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (29/11).

Cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari.

Cara mudah mengunci WhatsApp dengan sidik jari di smartphone

foto: Techno.id/ Adnan

1. Silakan buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu Pengaturan.
2. Kemudian masuk ke opsi Privasi.
3. Setelah itu gulir di dalam menu Privasi sampai menemukan opsi Fingerprint Lock atau Kunci sidik jari.
4. Aktifkan opsi Kunci Sidik Jari dengan menekan toggle yang tersedia hingga berwarna hijau.
5. Tekan dan pindai sidik jari pengguna untuk mengonfirmasi. Pastikan pengaturan sidik jari telah diatur sebelumnya.

Cara mudah mengunci WhatsApp dengan sidik jari di smartphone

foto: Techno.id/ Adnan

Itulah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatur WhatsApp terkunci dengan sidik jari. Pengguna juga dapat mengatur apakah akan ada notifikasi preview pesan yang muncul di menu pengaturan sama. Selain itu, pengguna disediakan tiga opsi mulai penguncian dari sesegera mungkin, setelah 1 menit, hingga setelah 30 menit. Selamat mencoba!


(brl/guf)