Cara cek kesehatan baterai laptop dengan mudah, cegah kerusakan dini

Cara cek kesehatan baterai laptop dengan mudah, cegah kerusakan dini

Techno.id - Laptop merupakan salah satu barang elektronik yang memiliki banyak kegunaan. Tidak hanya bisa dipakai sebagai alat kerja, laptop juga dapat digunakan untuk mendapat akses hiburan. Laptop yang notabene merupakan benda tipis dan ringkas juga mendukung penuh mobilitas setiap orang khususnya bagi pengguna yang tidak bisa bekerja sambil diam ditempat.

Maka tak heran jika barang elektronik dengan layar lebar dan keyboard ini menjadi primadona yang banyak diburu. Kendati demikian, bukan berarti laptop menjadi salah satu barang sempurna yang tidak bisa mengalami kerusakan. Layaknya barang buatan manusia, tentu bukan hal aneh jika sebuah laptop mengalami kerusakan di beberapa sektor salah satunya baterai.

Masalah kerusakan pada baterai tentu menjadi perkara serius yang perlu bahkan sangat untuk dihindari. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan pada baterai adalah rutin melakukan pengecekan pada komponen tersebut. Bukan apa, maksud dari pengecekan baterai laptop pada dasarnya sebagai pemantau apakah cara penggunaan dan perawatan yang dilakukan sudah sesuai atau belum.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (30/11), cara cek kesehatan baterai laptop dengan mudah.

Cara cek kesehatan baterai laptop dengan mudah

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan pada kesehatan baterai laptop. Beberapa cara yang ada pada dasarnya bisa dipilih sesuai keinginan kamu. Baik menggunakan cara yang sedikit rumit maupun mudah, pada dasarnya memiliki keefektifan yang sama. Untuk mulai mengetahui cara untuk cek kesehatan baterai laptop, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Menggunakan aplikasi tambahan

Cara cek kesehatan baterai laptop dengan mudah, cegah kerusakan dini

foto: freepik.com

Pada dasarnya, sudah tersedia banyak aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk mengetahui kesehatan baterai laptop kamu. Selain memiliki banyak jenis, aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek kesehatan baterai laptop juga bisa diinstal secara gratis.

Salah satu aplikasi yang mungkin cocok bagi kamu adalah Battery Bar. Aplikasi satu ini bisa didownload secara gratis dengan sangat mudah. Untuk mulai menggunakan Battery Bar, kamu bisa simak langkah berikut.

1. Download dan instal Battery Bar terlebih dahulu pada laptop yang kamu miliki.
2. Setelah Battery Bar terinstal, aplikasi tersebut akan bekerja secara otomatis dengan menambahkan ikon di bagian taskbar.
3. Klik ikon Battery Bar pada taskbar laptop kamu maka secara otomatis informasi terkait baterai laptop kamu akan terpampang.
4. Pada bagian Battery Wear yang berada di paling bawah, terdapat persentase yang menunjukkan penggunaan baterai laptop kamu. Jika persentase menunjukkan angka dibawah 50%, bisa dibilang baterai kamu masih dalam kondisi normal. Namun jika persentase menunjukkan diatas 50%, bisa dibilang baterai laptop kamu perlu perawatan intensif.

2. Menggunakan Command Prompt

Cara cek kesehatan baterai laptop dengan mudah, cegah kerusakan dini

foto: pixabay.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan baterai adalah melalui Command Prompt. Dengan cara ini, kamu tentu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk bisa mengetahui kesehatan baterai laptop kamu. Namun perlu diingat, tidak semua orang bisa dan berani menggunakan Command Prompt karena beberapa alasan.

Maka dari itu, saat menggunakan Command Prompt untuk mengecek kesehatan baterai laptop kamu, pastikan langkah yang dilakukan sudah sesuai. Untuk mulai mengetahui kesehatan baterai laptop menggunakan Command Prompt, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Buka Command Prompt dengan mengetikkan cmd pada kolom pencarian.
2. Setelah membuka Command Prompt, ketikkan powercfg/batteryreport lalu tekan Enter.
3. Secara otomatis, Command Prompt akan membuatkan data analisa terkait kesehatan baterai laptop kamu.
4. Kamu bisa membukanya pada Sistem (C:) yang ada pada laptop kamu.
5. Hasil analisa Command Prompt yang telah dibuka akan menampilkan banyak informasi penting.
6. Kamu hanya perlu memperhatikan bagian Design Capacity dan Full Charge Capacity. Kamu bisa hitung selisih kapasitas baterai yang tertera pada hasil analisa. Jika selisih kapasitas yang ditampilkan kurang dari 50%, bisa dibilang kondisi baterai laptop kamu masih baik. Namun jika, selisih persentase sudah mencapai lebih dari 50%, maka kondisi baterai laptop yang kamu pakai bisa dibilang sudah buruk.


(brl/guf)