Cara mengatasi kamera laptop tak berfungsi dengan baik, mudah & cepat

Cara mengatasi kamera laptop tak berfungsi dengan baik, mudah & cepat

Techno.id - Laptop merupakan salah satu perangkat yang memiliki banyak fungsi. Melalui satu barang ini, banyak keperluan bisa dilakukan dengan mudah. Terlebih desain laptop yang ringkas dan ringan membuatnya cocok untuk dibawa ke mana pun dengan mudah dan cepat. Maka dari itu, tidak heran jika laptop menjadi salah satu barang yang sering digunakan sebagai daily driver.

Barang elektronik yang dibuat oleh tangan manusia seperti laptop bisa saja mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang bisa dibilang menghambat pekerjaan adalah kamera laptop yang tidak berfungsi dengan baik.

Bagi orang yang kerap melakukan video meeting tentu masalah tersebut termasuk menjengkelkan. Bagaimana tidak, saat kamera laptop rusak, kegiatan video meeting menjadi terhambat.

Kamera laptop yang tidak berfungsi dengan baik bisa diperbaiki lho.Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kamera laptop yang rusak sebelum membawanya ke service center.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (25/11), cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi dengan baik.

Cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi dengan baik

Cara mengatasi kamera laptop tak berfungsi dengan baik, mudah & cepat

foto: pexels.com

Untuk mengatasi kamera laptop yang rusak, pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Perlu diingat, kerusakan pada kamera laptop tidak melulu dikarenakan masalah hardware. Bisa jadi kerusakan pada kamera laptop disebabkan oleh software yang tidak sempurna.

Untuk mengatasi kamera tidak berfungsi pada laptop sendiri pada dasarnya ada tiga cara yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memilih cara mana yang sekiranya mudah untuk dilakukan. Tak perlu berlama-lama, berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki kamera laptop yang tidak berfungsi dengan baik.

1. Periksa software update

Salah satu penyebab utama yang mengakibatkan kamera laptop tidak berfungsi dengan baik adalah masalah software. Kamu bisa mengecek apakah laptop kamu minta update software khususnya Windows. Bisa dikatakan, dengan mengupdate Windows akan menyelesaikan banyak persoalan salah satunya kamera laptop yang tidak berfungsi dengan baik.

Kamu hanya perlu membuka Setting kemudian Update & Security, serta klik Check for updates untuk memeriksa apakah ada update yang tersedia. Jika ada kamu bisa segera melakukan update pada laptop yang digunakan.

2. Atur konfigurasi webcam

Tidak hanya masalah software update, pengaturan kamera yang kurang tepat juga bisa menyebabkan kamera laptop tidak berfungsi dengan baik. Kamu hanya perlu mengubah setingan yang ada agar kamera laptop bisa kembali bekerja dengan baik. Untuk mengembalikan pengaturan laptop ke setting yang sesuai kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Buka Setting kemudian pilih Privacy (Location, camera, microphone).
2. Masuk ke menu Camera kemudian On kan setingan kamera pada menu "Let apps use my camera"
3. Selain itu akan terpampang semua aplikasi yang membutuhkan akses kamera laptop dan klik semua tombol On yang ada.
4. Jika sudah, tutup tab Setting yang dibuka sebelumnya, lalu restart laptop kamu.

3. Bawa ke service center

Sebagai sebuah komponen penting, cara memperbaiki kamera memang tidaklah banyak. Setelah dua cara diatas tidak bisa memperbaiki kerusakan pada kamera, jalan satu-satunya adalah membawa laptop kamu ke service center. Bisa jadi kerusakan pada kamera laptop kamu disebabkan oleh hardware yang kurang sempurna. Dengan membawa laptop kamu ke service center, masalah pada kamera perangkat tersebut tentu bisa diatasi. Kamu hanya perlu memberitahu keluhan yang dialami maka pihak service center akan menangani semaksimal mungkin.

(brl/guf)