Cara mudah gunakan Google Hum, temukan lagu dengan potongan lirik

Cara mudah gunakan Google Hum, temukan lagu dengan potongan lirik

Techno.id - Apakah sobat techno sering mendengarkan alunan musik indah namun lupa lirik? Atau bahkan kamu lupa judul lagunya apa? Jika iya, pasti akan membingungkan, terlebih kondisi sedang banyak orang.

Namun tenang dulu, ternyata Google memiliki fitur yang bisa membantu sobat techno untuk menemukan lagu hanya dengan menyenandungkan sebuah melodi saja. Ya, Google memiliki fitur dengan nama Google Hum untuk melakukan hal tersebut.

Google Hum merupakan fitur yang keluar pada tahun 2020 silam. Platform ini dapat digunakan untuk menemukan lagu yang pernah didengarkan sebelumnya, akan tetapi seseorang hanya ingat nada atau melodinya saja.

Saat kamu bersenandung kemudian hanya ingat beberapa potongan lirik, Google akan menerima sedikit informasi tersebut, kemudian dilanjutkan ke sistem machine learning. Perlu diketahui, machine learning dalam Google Hum merupakan metode mengubah audio menjadi urutan berbasis angka yang mewakili melodi pada sebuah lagu.

"Ketika pengguna menyenandungkan melodi di kolom pencarian, machine learning akan mengubah audio menjadi urutan berbasis angka untuk mewakili melodi lagu," dikutip techno.id dari laman resmi Google pada Selasa (29/11).

Hum To Search dari Google akan memberikan informasi terkait lagu yang dicari. Sistem akan menampilkan informasi berupa judul, penyanyi, album, lirik, serta rincian lain dari lagu yang disenandungkan pengguna.

Lantas bagaimana cara menggunakan fitur Google Hum ini? Tak perlu bingung, pada kesempatan ini Selasa (29/11), techno.id akan memberikan cara mudah gunakan Google Hum yang dirangkum dari berbagai sumber. Yuk simak langkah-langkahnya.

Cara menggunakan Google Hum untuk menemukan lagu dengan cara bersenandung.

Cara mudah gunakan Google Hum, temukan lagu dengan potongan lirik

foto: Techno.id/ Adnan

1. Silakan buka aplikasi Google melalui peramban yang digunakan di smartphone pengguna.
2. Kemudian klik ikon microphone.
3. Saat fitur suara muncul, silakan ketuk "Search a Song".
4. Silakan pengguna bersenandung, bersiul, atau dekatkan pada sumber suara yang sedang memutar lagu.
5. Tunggu sistem dari Google mengidentifikasi lagu.
6. Apabila hasil telah muncul, Google akan menampilkan persentase kemiripan.
7. Ketik "Hasil Lainnya" apabila lagu yang dicari tidak ada di barisan teratas.
8. Perlu dicatat, apabila Google tidak dapat mengidentifikasi suara atau lantunan melodi maka muncul pemberitahuan "Tidak dapat menemukan kecocokan".

Cara mudah gunakan Google Hum, temukan lagu dengan potongan lirik

foto: Techno.id/ Adnan

9. Jika terdapat pemberitahuan seperti di atas, pengguna dapat melakukan pencarian ulang dengan ketuk opsi "Coba Lagi"

Itulah beberapa langkah-langkah yang bisa digunakan untuk menggunakan fitur Google Hum. Cukup mudah bukan. Sebagai catatan Google Hum tidak sepenuhnya akan berhasil mengidentifikasi sebuah lagu. Semakin populer lagu, maka tingkat keberhasilan akan tinggi. Maka dari itu, pengguna dapat memberikan informasi dengan bersenandung di bagian reff atau part yang lebih familiar lainnya. Selamat mencoba!

(brl/guf)