Cara mengecek kesehatan hardisk laptop, mudah dan hasilnya akurat

Cara mengecek kesehatan hardisk laptop, mudah dan hasilnya akurat

Techno.id - Laptop merupakan salah satu barang elektronik yang kini telah menjadi kebutuhan hampir semua orang. Dengan adanya benda tipis satu ini, kegiatan harian bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat. Tak hanya itu, laptop juga memiliki desain yang ringkas dan mudah dibawa.

Sebagai sebuah perangkat elektronik yang berisikan banyak data, beberapa laptop keluaran lawas masing menggunakan hardisk sebagai sistem penyimpanan. Tak bisa dibilang kencang, sistem penyimpanan berupa hardisk tentu memiliki kecepatan baca dan tulis yang berbeda jauh dengan SSD. Tak hanya itu, kesehatan hardisk juga perlu diperiksa secara berkala agar pengguna bisa mengetahui kondisi terkini hardisk pada laptop yang dipakai.

Mengetahui kondisi kesehatan hardisk laptop tentu perlu dilakukan agar proses penyimpanan data bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Untuk memeriksa kesehatan hardisk laptop, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menggunakan aplikasi tambahan hingga memanfaatkan fitur yang ada pada laptop bisa dilakukan untuk mengetahui kesehatan hardisk pada perangkat yang dipakai.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (28/11), cara mengecek kesehatan hardisk laptop.

Cara mengecek kesehatan hardisk laptop

Cara mengecek kesehatan hardisk laptop, mudah dan hasilnya akurat

foto: unsplash.com

Sesuai penjelasan sebelumnya, cara mengecek kesehatan hardisk bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa menggunakan fitur bawaan yang ada pada laptop atau menggunakan aplikasi tambahan yang tersedia di berbagai sumber. Untuk mulai mengetahui cara mengecek kesehatan hardisk laptop, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Microsoft sebagai sarana komunikasi antara pengguna dengan perangkat yang dimiliki. Melalui Command Prompt, kamu bisa mengetahui kesehatan hardisk laptop yang terpasang. Cara yang diperlukan pada dasarnya tidak terlalu rumit. Untuk mulai menggunakan Command Prompt sebagai pengecek kesehatan hardisk, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Buka kolom pencarian dan ketikan Run.
2. Jika sudah muncul ketikan saja cmd pada kolom yang ada.
3. Akan muncul jendela kecil Command Prompt lalu ketikan WMIC kemudian diskdrive get status, lalu Enter.
4. Tunggu hingga laptop kamu memproses scanning hardisk yang dipakai.
5. Jika hardisk kamu dalam kondisi baik, akan muncul tulisan OK setelah laptop selesai melakukan scanning.

2. Menggunakan fitur CHKDSK

Apa itu CHKDSK? Bisa dibilang CHKDSK merupakan salah satu fitur bawaan yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan hardisk tanpa perlu aplikasi tambahan. Tidak hanya itu, CHKDSK juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada hardisk laptop. Untuk mulai menggunakan CHKDSK, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Masuk ke File Explorer kemudian klik kanan pada partisi (C:) di laptop kamu dan pilih Properties.
2. Pada menu Properties, terdapat beberapa fitur yang tersedia, klik Tools.
3. Pada menu Tools klik Check pada kolom Error Checking.
4. Akan muncul jendela baru, pilih saja Scan drive dan tunggu hingga proses scanning selesai.
5. Jika proses scanning sudah selesai, akan muncul tampilan No errors were found jika hardisk kamu tidak mengalami masalah.

3. Menggunakan aplikasi tambahan

Pada dasarnya, aplikasi tambahan yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui kesehatan hardisk terbilang sangat banyak. Kamu bisa mencoba beberapa aplikasi yang kiranya mudah untuk digunakan. Tak hanya itu, dengan bantuan aplikasi tambahan untuk mengetahui kesehatan hardisk, informasi yang terpampang juga lebih lengkap.

Bahkan tak jarang beberapa aplikasi pengecek kesehatan hardisk dilengkapi fitur menarik yang memudahkan setiap pengguna untuk memindahkan data file, memperbaiki hardisk yang rusak, hingga melakukan reset secara menyeluruh. Kamu bisa mendownload aplikasi pengecek kesehatan hardisk secara gratis di beberapa website penyedia aplikasi terpercaya yang biasa kamu gunakan.


(brl/guf)