Cara keluar dari mode S di Windows 10/11, bisa gunakan akun Microsoft atau BIOS

Cara keluar dari mode S di Windows 10/11, bisa gunakan akun Microsoft atau BIOS

Cara keluar dari Mode S di Windows

Keluar dari Mode S menggunakan akun Microsoft

Untuk memulai prosesnya, klik menu Windows dan pilih ikon Pengaturan, yang menyerupai roda gigi. Kamu juga dapat menggunakan pintasan keyboard tombol Windows + I untuk mengakses panel Pengaturan dengan cepat. Setelah berada di panel Pengaturan, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Cari dan pilih opsi Aktivasi.

2. Konfirmasikan bahwa kamu melihat pesan Windows 10/11 Home in S Mode, yang berarti PC kamu saat ini dalam Mode S dan memenuhi syarat untuk beralih.

3. Pilih 'Beralih ke Windows 10/11 Pro dan pilih tautan Pergi ke Store.

4. Pilih Tingkatkan edisi Windows Anda.

5. Klik tombol Dapatkan di bawah spanduk Beralih dari Mode S

Setelah mengonfirmasi tindakan tersebut, PC kamu tidak lagi berada dalam Mode S, dan kamu dapat menginstal aplikasi dari luar Microsoft Store.

Cara keluar dari mode S di Windows 10/11, bisa gunakan akun Microsoft atau BIOS foto: tangkapan layar

Keluar dari Mode S menggunakan BIOS

Jika kamu tidak memiliki Akun Microsoft dan ingin menonaktifkan Mode S, kamu harus menonaktifkan Boot Aman di UEFI (BIOS). Mulailah dengan mem-boot PC kamu ke Advanced Startup dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Klik pada menu Mulai, lalu pilih Pengaturan.

2. Buka Sistem dan klik Pemulihan.

3. Pilih Restart Now di samping Advanced Startup.

4. Konfirmasikan restart, dan PC kamu akan boot ke layar biru dengan berbagai opsi.

5. Pada opsi Advanced Startup, klik Troubleshoot, lalu pilih Advanced Options diikuti dengan UEFI Firmware Settings. PC kamu akan melakukan boot ulang ke UEFI.

Cara keluar dari mode S di Windows 10/11, bisa gunakan akun Microsoft atau BIOS foto: unsplash/windows

Lokasi opsi Boot Aman bervariasi menurut model PC. Untuk PC Dell, opsi ini mungkin tersedia dalam metode Boot Aman. Untuk produsen lain, periksa menu Boot atau Boot Options di UEFI.

Setelah menemukan opsi Boot Aman, nonaktifkan. Tindakan ini juga akan menonaktifkan fitur seperti Windows Hello dan Bitlocker, tetapi kamu dapat mengaktifkan kembali Boot Aman nanti.

Setelah menonaktifkan Boot Aman, simpan perubahan dan keluar dari UEFI. PC kamu akan boot ke versi standar Windows 10/11 tanpa Mode S.

(brl/red)