4 Alat kalibrasi monitor komputer agar dapat menampilkan warna dengan akurat

4 Alat kalibrasi monitor komputer agar dapat menampilkan warna dengan akurat

Techno.id - Performa sebuah monitor yang menampilkan warna dengan akurat menjadi sebuah keharusan. Apalagi untuk mereka yang berkerja di bidang kreatif. Warna yang ditampilkan harus benar-benar akurat secara tampilan di layar.

Karena itu kalibrasi menjadi penting. Kalibrasi warna penting untuk memastikan apa pun yang ditampilkan di layar kamu terlihat baik, mulai dari game hingga film. Kalibrasi memastikan bahwa area terang tidak terlalu terang, detail tidak hilang di area gelap, dan nada warna terlihat alami. Proses ini dapat meningkatkan pengalaman menonton, meski kamu bukan seorang profesional di bidang kreatif.

Proses kalibrasi ini hanya berlaku jika kamu memiliki monitor terpisah yang terhubung ke komputer Windows atau Mac. Setiap monitor berbeda dalam hal pengaturan.

4 Alat kalibrasi monitor komputer agar dapat menampilkan warna dengan akurat foto: unsplash/alienware

Pastikan monitor kamu diatur ke resolusi asli atau resolusi tertinggi untuk hasil terbaik. Yang perlu diperhatikan, jangan menyentuh apa pun sampai kamu memastikan pencahayaan sekitar di ruangan tempat kamu menggunakan monitor sedekat mungkin dengan kondisi alaminya.

Jika biasanya ada lampu, nyalakan lampu tersebut. Jika ruangan sering disinari cahaya matahari yang cerah, pastikan tirainya terbuka. Hal ini akan membuat perbedaan pada tampilan warna putih, hitam, dan warna yang muncul di layar dan bagaimana tampilannya di mata kamu. Lantas bagaimana melakukannya? Begini caranya.

(brl/red)