Cara mengosongkan tempat sampah Windows 11 secara otomatis

Cara mengosongkan tempat sampah Windows 11 secara otomatis

Techno.id - Salah satu penyebab kinerja laptop atau komputer melambat dikarenakan banyak file yang tidak diperlukan tetap tersimpan dalam perangkat. Padahal. File tersebut merupakan sampah yang dapat dibersihkan.

Karena itu untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan pada partisi Windows, kamu dapat mengaktifkan pembersihan otomatis file yang tidak lagi diperlukan.

Jadi setelah drive Windows kamu kehabisan ruang, sistem operasi akan mulai menghapus file yang mungkin tidak lagi diperlukan dari tempat sampah dan folder unduhan. Meskipun demikian, jika kamu ingin mengoptimalkan penyimpanan sebelum kehabisan ruang kosong, kamu dapat mengubah konfigurasi sehingga file dan folder lama secara otomatis dihapus setelah waktu tertentu. Caranya pun terbilang mudah.

1. Buka Pengaturan di menu Start Windows 11.

2. Pilih Sistem, dan klik Penyimpanan di sisi kanan.

3. Pada halaman berikutnya, pastikan bahwa "Storage Sense aktif, lalu klik kotaknya. Pastikan sakelar untuk Pembersihan konten pengguna otomatis diatur ke Aktif, dan pilih pengaturan Setiap bulan di menu tarik-turun untuk Jalankan Storage Sense.

4. Untuk opsi selanjutnya kamu bisa memilih Hapus file dari tempat sampah jika sudah lebih dari dan Hapus file di folder Unduhan jika belum dibuka lebih dari. Pilih 30 hari di setiap kasus (atau jangka waktu lain jika kamu mau). Jika ingin segera memulai pembersihan, klik tombol Jalankan Storage Sense sekarang di bagian bawah opsi.

(brl/red)